Rabu , April 21 2021
Home / RIAU / Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL BPN Ucapkan Sumpah

Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL BPN Ucapkan Sumpah

PASIRPENGARAIAN (Rokantimes.co.id)

Hari pertama masuk kerja tahun 2021, Senin (4/1), Panitia Ajudikasi dan Satuan Tugas (Satgas) Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2021, secara resmi diambil sumpah oleh Kepala BPN Rohul, Tarbarita SSiT MH dalam upacara yang dipusatkan di halaman kantor BPN yang berada di Kompleks Perkantoran Pemda Bina Praja Rohul.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL BPN Rohul itu, dihadiri para Camat dan Kades maupun Lurah yang daerahnya tahun ini ditetapkan mendapatkan program PTSL, tokoh masyarakat serta para kasi dan aparatur sipil Negara (ASN) di jajaran BPN Rohul. Kepala BPN Rohul Tarbarita Simorangkir SSiT MH kepada wartawan, yang dilansir dari riaupos.com Senin (4/1), menjelaskan, sebelum melaksanakan tugasnya, dilakukan pengambilan sumpah dan pelantikan Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL Rohul tahun 2021.

Perlunya dilakukan pengambilan sumpah Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL Ini semua merupakan amanah dari Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.

Tujuannya, lanjut Tarbarita, tidak lain untuk percepatan pelaksanaan program PTSL di Kabupaten Rohul. Menurutnya, Panitia Ajudikasi PTSL adalah satuan organisasi yang dibentuk oleh Kepala Kantor Pertanahan untuk melaksanakan Program PTSL. Sementara Satgas adalah unit organisasi yang membantu pelaksanaan kegiatan Panitia Ajudikasi PTSL.

Dia berharap  dengan diambil sumpah Panitia Ajudikasi dapat bekerja dengan baik dalam merealisasikan target 17 ribu sertifikat.         

Menurutnya, program PTSL ini merupakan salah satu Nawacita Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. ‘’Hari ini (Senin, red), Kabupaten/kota se-Indonesia secara serentak melaksanakan pengambilan sumpah Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL. Dibuat berdasarkan mekanisme dan prosedur yang ada. Ini bukan pekerjaan main-main, tolong dicamkan itu. Kerja kita ini adalah kerja nyata, yang dampaknya dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat,’’ ujarnya

Tarbarita menegaskan, pada tahun 2024, pemerintah menargetkan seluruh bidang tanah harus terpetakan, dengan harapan PSN ini didukung oleh Pemkab Rohul dalam hal ini, Camat, Kades dan Lurah di 16 kecamatan se Rohul

Dia mengucapkan terimakasih dan apresiaasi atas dukungan dan sinergitas yang kuat Camat dan Kades dalam mensukseskan program PTSL tahun 2020 di Kabupaten Rohul. ‘’Walaupun Pak Camat bukan panitia Ajudikasi, tapi tanpa dukungan dari Camat program PTSL tidak akan berjalan sesuai dengan yang ditargetkan.

Jadi tahun ini ada 13 ribu sudah terbitkan peta bidang tanahnya, harapan kita tahun ini, bisa disertifikatkan hingga akhir tahun 2021 mendatang,’’ tuturnya. Tarbarita menambahkan, dalam pelaksanaan program PTSL, nanti akan turun tenaga administerasi dan yuridis.

Tentu apa yang menjadi history desa dan kecamatan se Rohul tidak diraguykan. ‘’Saya harapkan semangat kita tidak melemah, walau saat ini Covid- 19 meningkat, tapi semangat tak kendor melayani masyarakat. Selmat bertugas Panitia Ajudikasi BPN Rohul, bekerja dengan ikhlas, hati-hati, fokus, cermat dan teliti serta terhindar dari dampak hukum,’’ jelasnya.

About rokan times

Check Also

Hari Pertama 2021, Kasus Positif Covid-19 di Riau Meningkat

PEKANBARU, (Rokantimes) Penyebaran kasus positif Covid-19 di Provinsi Riau meningkat pada hari pertama tahun baru, ...