Minggu , November 29 2020
Home / RIAU / Rokan Hilir / Tahun 2019 Rohil Kembali Dapat Jatah PTSL 10.000 Sertifikat Gratis Dan 16 Ribu Pengukuran

Tahun 2019 Rohil Kembali Dapat Jatah PTSL 10.000 Sertifikat Gratis Dan 16 Ribu Pengukuran

Foto : BPN Rohil, Lurah Bagan Batu Kota, Upika Bagan Sinembah dan Perangkat Desa serta Warga saat kegiatan sosialisasi PTSL.

Rokantimes.co.id, Bagan Batu – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Rokan Hilir melakukan sosialisasi atau penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019 di Kelurahan Bagan Batu Kota pada hari Kamis (14/2/2019).

Kepala seksi bidang hukum sekaligus Kepala Yuridis Pertanahan Kabupaten Rohil Buyung Alizar, menjelaskan bahwa PTSL ini merupakan program Pemerintah RI dengan objek atau sasaran seluruh Desa/Kelurahan dengan tujuan, meminimalisir sengketa atau permasalahan, sebagai bukti kepemilikan tanah yang kuat serta status atau kepastian hak.

“Pemetakan ini akan dilakukan hingga 2025 nanti dan seluruhnya harus sudah terpetakan,” katanya.

Dikatakan Buyung bahwa di Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2019 ini mendapat jatah PTSL sebanyak 10.000 sertifikat gratis dan 16.000 pengukuran. Untuk di Kecamatan Bagan Sinembah ada 3 Desa yakni Bahtera Makmur, Bahtera Makmur Kota dan Kelurahan Bagan Batu Kota sedangkan, Kecamatan Basira hanya 1 Desa yakni Kelurahan Bagan Sinembah kota.

“Dan untuk di Kelurahan Bagan Batu Kota ini sendiri memperoleh jatah 2500 sertifikat,” terangnya lagi.

Disampaikannya Buyung, bahwa biaya kegiatan ini dibiayai oleh APBD Rohil yang kegunaannya meliputi penyuluhan, pengumpulan data yuridis, pengukuran bidang tanah, pemeriksaan tanah, penerbitan SK dan penerbitan sertifikat.

Disebutkan Buyung lagi, jika nilai harga tanah dan bangunan di atas 60 juta maka akan dikenakan BPHTB (Bea Perolehan Hak Tanah Dan Bangunan) dengan NJOP PBB sebesar 4 persen.

“Biaya BPHTB itu dihitung dari NJOP PBB, itu Bapenda nanti yang tau,” katanya

Sementara itu Ketua satgas fisik atau Kepala seksi bagian Infrastruktur, Zuldi mengatakan PTSL dilakukan tanpa terkecuali baik yang sudah sertifikat maupun yang belum tetap dilakukan rekam atau pemetakan ulang.

“Kami minta data yang sebenarnya untuk di berikan yang sebenarnya,” pintanya.

Dan untuk mempermudah pemetakan ini dirinya sangat berharap kerjasama dan partisipasi dari seluruh Perangkat Desa maupun Kelurahan  supaya mensosialisasikan kepada Warga untuk memberikan tanda batas dengan sepadan atau tetangga guna mempercepat dan mempermudah pemetakan.

“Namun harus disepakati dengan sepadan atau tetangga sebelah,” ujarnya.

Foto : Peserta sosialisasi atau penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019 di Kelurahan Bagan Batu Kota.

Lurah Bagan Batu Kota Riwansyah Azhari dalam kesempatan itu menyambut baik atas kegiatan sosialisasi PTSL oleh BPN Rohil. Diharapkan seluruh Perangkat Kelurahan agar dapat bekerjasama membantu BPN dalam melakukan pemetakan atau rekam ulang.

“Alhamdulilah tahun ini di Kelurahan Bagan Batu kota mendapat jatah 2.500 PTSL dan 16.000 Pemetakaan,” katanya.

Dirinya berharap ke depan seluruh tanah di wilayah Kelurahan Bagan Batu Kota sudah terdaftar di PTSL sehingga sengketa atau permasalahan tanah di Kota Bagan Batu ini tidak ada lagi.

“Kita minta seluruh ketua RT dan Warga untuk dapat membantu BPN yang akan melakukan pemetaan maupun pengukuran di lapangan nanti,” pinta Lurah Riwansyah. (Red)

About rokan times

Check Also

Ketua MPC Pemuda Pancasila Rohil, Taem Pratama Ikut Perhelatan Pilkada Rohil 2020

Rokantimes.co.id, Bagan Siapiapi – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tahun 2020 ...