Sabtu , Desember 5 2020
Home / Headline / Hotmix Baru Sudah Ditambal Sulam, Inspektorat Diminta Audit

Hotmix Baru Sudah Ditambal Sulam, Inspektorat Diminta Audit

Rokantimes.co.id, Bagan Batu – Belum genap dua bulan Hotmix jalan Imam Munandar Kepenghuluan Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sudah dua kali ditambal sulam.

Hal ini mendapat sorotan dari Warga yang juga Advokat pada LBH Keadilan, Irwansyah Saragih yang mana menurutnya patut diduga pengerjaannya tidak sesuai Bestek sehingga Ia meminta pihak Inspektorat turun langsung untuk mengaudit pengerjaan jalan tersebut.

“Kuat dugaan pengerjaan Hotmix jalan Imam Munandar itu tidak sesuai bestek, inspektorat harus periksa itu pekerjaan,” tegas Irwansyah pada hari Selasa (12/2/2019) siang kepada Awak Media.

Dijelaskan Irwansyah, dugaan proyek tersebut tidak sesuai Bestek karena belum genap berusia 2 bulan, Hotmix tersebut sudah dua kali ditambal sulam. Dilakukannya tambal sulam tersebut, lanjut Irwansyah, dikarenakan dibeberapa sisi sudah kelihatan rusak dan pecah-pecah padahal kalau dilihat tekstur tanah di daerah tersebut bukanlah gambut atau rawa.

Bahkan kata Irwansyah lagi, base yang tampak akibat aspal tersebut dibongkar yang dipantau pada Selasa (12/2) siang, tampak base tersebut ada berisikan tanah. “Setahu saya, itu tidak dibenarkan ada tanah pada base Hotmix. Kuat dugaan ada ‘permainan’ di proyek itu,” duganya.

Sementara itu dilangsir dari Inforohil.com Kepala Kejari Rohil Gaos Wicaksono yang dikonfirmasi melalui Kasi Intel Farkhan Junaedi pada Selasa (12/2) petang menyebutkan bahwa proyek pengerjaan Hotmix jalan Imam Munandar Bagan Batu itu, Tim Pengawal Pengaman Pembangunan Pemerintah Daerah (TP4D) tidak dilibatkan dalam pengawasan.

Sebab, lanjutnya, TP4D melakukan tugasnya dalam pengawalan pembangunan diminta terlebih dahulu oleh Dinas terkait.

Untuk proses hukum sendiri, lanjut Farkhan sekarang masih ada pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) nanti hasil LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) BPK akan di kirim ke Inspektorat untuk ditindak lanjuti ke masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah), kalau tidak ditindak lanjuti hasil temuan tersebut baru Aparat Penegak hukum bergerak, dan Ia juga menerangkan bahwa proyek terebut masih ada dalam proses perawatan selama 6 bulan, tapi walaupun begitu pihaknya tetap menunggu laporan dari Inspektorat yang mana menurutnya Inspektorat pada hari ini turun ke lapangan.

Pantauan di lokasi, ada 4 titik yang sedang dikerjakan ulang. Di mana, aspal yang rusak tampak dibongkar, diduga akan dilakukan tambal sulam. Namun saat Awak media bersama Tim di lokasi sekira pukul 13.00 Wib, tidak terlihat pihak Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hilir di lokasi untuk dikonfirmasi terkait hal tersebut.

Diketahui bahwa pembangunan Hotmix tersebut menelan biaya dari APBD Kabupaten Rokan Hilir tahun 2018 senilai Rp 1.769.078.000,- yang dikerjakan oleh CV. Hafiz Bersaudara dan dikerjakan pada pertengahan Desember 2018 lalu (Red)

About rokan times

Check Also

CAMAR Akan Berikan Dana Insentif Bagi Nazir Masjid/Mushola, Pengurus Rumah Suluk, Pengurus Gereja, Pengurus Vihara dan Pengurus Rumah Ibadah Yang Ada di Rohil

RIMBA MELINTANG-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra Andika, SH. dan Muhammad Rafik, ...