Sabtu , Desember 5 2020
Home / Adventorial / Genjot PAD, Bapenda Rohil Rapat Evaluasi PBB Di Basira

Genjot PAD, Bapenda Rohil Rapat Evaluasi PBB Di Basira

Foto : Kepala Bapenda Rohil Cicik Mawardi saat memyampaikan sambutan dalam Rapat Evaluasi PBB di Kecamatan Basira

Rokantimes.co.id, Bagan Batu – Guna mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Badan Pendapatan Saerah Kabupaten Rokan Hilir melakukan rapat evaluasi pajak di Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) pada hari Kamis (25/01/2019).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Rokan Hilir Cicik Mawardi Atar, AP., MSi, dan turut serta Camat Basira Hadiyono, Kabid Pendataan dan Pelayanan H. Sulaiman, Kasubid Pelayanan Riad Sumarsudi, Penilai M. Ikbal, SE, Sekcam Basira Yusuf, Para Penghulu/Lurah, Sekretaris dan Bendahara Desa se Bagan Sinembah Raya.

Bapenda Kabupaten Rokan Hilir Cicik Mawardi dalam sambutannya tersebut mengatakan bahwa rapat ini adalah sebagai upaya dalam menggenjot PAD Rohil dari sektor PBB.

“Dalam meningkatkan PAD kita lakukan jemput bola langsung ke Desa-desa,” Ungkap Cicik Mawardi mengawali sambutannya dalam rapat evaluasi PBB.

Untuk lebih efektif dalam penerimaan pajak, Kepala Bapenda berharap kerjasamanya kepada Penghulu (Kepala Desa) untuk membantu penerimaan pajak dari sektor PBB ini karena menurutnya, Penghulu beserta Perangkat Desa mengetahui langsung di Desa itu.

“Kita berharap Penghulu dan Perangkat Desa dapat membantu Bapenda dalam penerimaan PBB ini,” harap Cicik.

Cicik mengungkapkan untuk Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) di Kecamatan Basira tahun 2018 sampai bulan Desember sebanyak 11.893 lebih namun hanya terealisasi 3.234 SPPT yang di bayar.

“Untuk itu kita berharap SPPT tersebut dapat terealisasi keseluruhannya,” harapnya.

Dan dalam kesempatan ini, Cicik menyampaikan bahwa di tahun 2019 ini Bapenda Rohil melakukan verifikasi ulang untuk pemutakhiran data SPPT. Ditegaskannya juga, jika SPPT terbaru sudah diterbitkan dan tidak dibayarkan pajaknya, maka Bapenda Rohil akan memberikan sanksi kepada pemilik SPPT tersebut.

“Sanksi itu nantinya berupa sanksi denda, sanksi administrasi dan jika memungkinkan sanksi pidana,” Tegas Cicik.

Diuraikannya Cicik, bahwa ditahun 2018 kemarin PAD Rohil yang bersumber dari seluruh pajak mencapai 43 Milyar dari target 28 Milyar, dan untuk sektor PBB hanya tercapai 3,2 milyar.” Pajak PBB ini sangat potensial dan berharap 2019 dapat mencapai target,” terangnya.

Usai sambutan dalam rapat tersebut kemudian dilanjutkan pemaparan teknis materi yang disampaikan oleh Kabid Pendataan dan Pelayanan Rohil H. Sulaiman. (R1)

About rokan times

Check Also

CAMAR Akan Gratis BPJS Kesehatan Bagi Masyarakat Tidak Mampu

BAGANSIAPIAPI-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra Andika, SH. dan Muhammad Rafik, S.Ag. ...