Selasa , Desember 1 2020
Home / RIAU / Rokan Hilir / Atasi Tumpukan Sampah, DLH Siapkan 500 Tong Sampah

Atasi Tumpukan Sampah, DLH Siapkan 500 Tong Sampah

Foto : Suwandi, S. Sos Kepala Dinas DLH Kab. Rokan Hilir / Sumber Internet.

Rokantimes.co.id, Bagan Batu – Upaya mengatasi tumpukan sampah sekaligus meningkatkan keindahan dan kebersihan, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir kembali menyiapkan sebanyak 500 tong sampah yang bersumber dari Anggaran Belanja Daerah tahun 2018.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir Suwandi, S. Sos saat ditemui disela-sela mengikuti peringatan HUT Bagan Sinembah ke 24 di Lapangan Prumnas Bagan Batu Kota, pada hari Jumat (04/01/2019) kemarin.

Dijabarkan Suwandi, 500 tong sampah yang terbuat dari besi tersebut akan diperuntukkan untuk daerah perkotaan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir seperti halnya di Kecamatan Bangko dan Bagan Sinembah, dan untuk Bagan Sinembah sendiri akan direalisasikan sebanyak 200 tong sampah.

Selain itu, janji Suwandi untuk Kecamatan Bagan Sinembah tahun 2019 ini juga akan ditambah satu unit armada atau kendaraan pengangkut sampah yang nantinya untuk memenuhi kebutuhan yang ada di Bagan Sinembah.

“Tahun 2019 ini Bagan Sinembah juga akan kita tambah satu unit armada lagi,” katanya.

Ketika disinggung banyaknya tumpukan sampah di beberapa ruas jalan di Bagan Sinembah, Suwandi mengaku sangat prihatin dan menilai kesadaran Masyarakat terhadap kebersihan masih kurang. Dirinya juga tidak menampik, hal itu disebabkan juga jumlah Personil DLH  masih terkendala. Namun demikian upaya Pemerintahpun terus dilakukan dan menurutnya ini semua tidak serta merta sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pemerintah.

“Ini tanggung jawab bersama, bukan tanggung jawab Pemerintah sendiri. Masyarakat juga harus peduli dengan kebersihan lingkungan dan jangan asal buang sampah sembarangan,” tegasnya

Lebih lanjut, Suwandi menegaskan saat ini Pemerintah juga sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah dan Perda  tersebut akan  segera di terapkan.

“Perda ini akan segera kita sosialisasikan kepada masyarakat dan kita terapkan,” pungkas Siwandi. (Red)

About rokan times

Check Also

Ketua MPC Pemuda Pancasila Rohil, Taem Pratama Ikut Perhelatan Pilkada Rohil 2020

Rokantimes.co.id, Bagan Siapiapi – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tahun 2020 ...