Sabtu , Desember 5 2020
Home / Headline / Polsek Bagan Sinembah Melakukan Pemusnahan Barang Bukti Dari Penyalahgunaan Narkoba

Polsek Bagan Sinembah Melakukan Pemusnahan Barang Bukti Dari Penyalahgunaan Narkoba

Foto : Tersangka M alias Marto (33) saat menuangkan Narkoba ke Mesin penghancur Narkoba disaksikan Kapolsek dan Para pihak lainnya.

Rokantimes.co.id, Bagan Batu – Polsek Bagan Sinembah melakukan pemusnahan barang bukti Narkotika jenis Sabu-sabu dari tersangka M alias Marto (33). Dari 46,20 gram barang bukti milik Tersangka, 10 gram untuk pembuktian perkara di Pengadilan, sisanya sebanyak 35,20 gram Sabu-sabu dimusnahkan.

Pemusnahan barang bukti tersebut dilaksanakan di halaman Mapolsek Bagan Sinembah. Kamis (27/12/2018) pagi.

Pemusnahan barang bukti tersebut turut disaksikan oleh Camat Bagan Sinembah Sakinah, S. STP., M. SI yang diwakili Kasi Trantib Zulfikar, Danramil 03/Bgs Kapten. Arh H. Sitorus diwakili Batuud Serka. Edi Wiyanto, KBO Satnarkoba Polres Rohil Iptu. Yuliardi, Pihak Kejaksaan Negeri Rokan Hilir, Pihak Pengadilan Negeri Ujung Tanjung, serta Kuasa Hukum Tersangka Radisman Saragih, SH.

Dalam sambutannya Kapolsek Bagan Sinembah Kompol. H Asmar mengucapkan terima kasih kepada anak buahnya yang berhasil mengungkap tindak pidana penyalah gunaan Narkotika tersebut. Dimana pengungkapan kasus itu semasa Kompol. Asmar belum menjabat Kapolsek Bagan Sinembah.

Kompol. Asmar juga menyampaikan kepada hadirin baik itu media dan seluruh elemen Masyarakat untuk sama-sama membasmi atau memerangi Narkoba di wilayah hukum Polsek Bagan Sinembah.

“Sebab ini telah mengancam generasi muda kita, dan barang ini (Narkoba, Red) bukan hanya di kota-kota saja, tapi sudah masuk di desa-desa. Jadi tolong pada Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Masyarakat di Desa sangat peduli lah terhadap Narkoba ini, kalau ada temuan segera laporkan ke Kami,” ujarnya.

Ia juga menekankan kepada Anggotanya agar jangan ada yang terlibat dalam persamasalahan Narkoba, baik itu Pengedar, Pengguna atau pun membekingi.

“Saya yakin, rekan-rekan Anggota saya tidak ada yang terlibat Narkoba,” tandasnya.

Untuk itu ia juga meminta kepada Awak Media agar jangan cepat-cepat memberitakan terhadap permasalahan Narkoba, namun terlebih dahulu konfirmasi kepada Kanit Reskrim atau pun kepadanya.

Bahkan Kapolsek juga menceritakan bahwa ianya mendengar di Bagan Sinembah ini sering ada ‘surat kaleng’ dan mengadukan ke Pimpinan, Mabes serta Ombusman.

“Kalau belum jelas, konfirmasi dulu kepada Kami. Bukan apa-apa, kalau tidak terbukti kan kita juga yang repot, jadi kami mohonlah kerjasamanya, bukan kami takut, tapi kalau buruk nama Kapolseknya, buruk juga nama Anggotanya, begitu juga Masyarakat. Kenapa, kapolsek, Polisi ini harus dekat dengan Masyarakat, harus mengayomi serta melindungi masyarakat,” tukasnya.

Kapolsek juga menambahkan bahwa mustahil untik menjaga keamanan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di tiga Kecamatan yakni Bagan Sinembah, Bagan Sinembah Raya dan Balai Jaya tanpa peran serta elemen Masyarakat.

“Mustahil tanpa peran serta rekan-rekan sekalian bisa menjaga keamanan tiga Kecamatan ini. Personil kami hanya 56 orang, sementara Masyarakatnya lebih banyak. Untuk itu, mari sama-sama kita berperan serta menjaga keamanan dan tentunya membasmi Narkoba ini,” tandasnya.

Pada proses pemusnahan barang bukti Narkotika jenis Sabu-sabu tersebut, tersangka M alias Marto yang ditangkap di jalan Nuansa Indah kelurahan Bahtera Makmur Kota itu diperintahkan untuk mengecek barang bukti tersebut. Setelah diyakinkan, kemudian Tersangka memasukan barang bukti ke dalam sebuah alat Blander untuk dimusnahkan bersama Kapolsek dan instansi lainnya yang turut hadir.

Di mana diketahui, penangkapan terhadap tersangka M alias Marto tersebut terjadi pada hari Minggu tanggal 09 Desember 2018 lalu. Dimana, sekira pukul 20.00 Wib, salah seorang Personil Polsek Bagan Sinembah Bripka. Dedy Candra mendapatkan informasi dari Masyarakat bahwa ada seorang Pengedar/Bandar Narkotika jenis Sabu-sabu sedang mengkonsumsi Narkotika jenis Sabu-sabu di sebuah rumah di Jalan Nuansa, Kelurahan Bahtera Makmur Kota, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, tepatnya di dalam rumah salah satu warga.

Kemudian Bripka. Dedy Candra memberitahukan informasi tersebut kepada Kanit Reskrim Polsek Bagan Sinembah Iptu. Nur Rahim, SIK yang selanjutnya atas perintah Kanit Reskrim, Bripka. Dedy Candra bersama dengan rekannya yaitu Brigadir. Triyantono melakukan penyelidikan kebenaran informasi tersebut.

Dan sekira pukul 20.45 Wib kemudian dilakukan penangkapan terhadap seorang laki-laki yang merupakan Pengedar/Bandar Narkotika jenis Sabu-sabu yang bernama M Alias Marto (33) di TKP tersebut di atas.

Untuk menyaksikan proses penggeledahan terhadap rumah tersebut, Bripka. Dedy Candra kemudian memanggil Ketua RT setempat dan saat dilakukan penggeledahan ditemukan di dalam kamar depan barang bukti berupa satu paket kecil plastik bening yang berisikan butiran kristal diduga Narkotika jenis Sabu-sabu, satu set alat hisap sabu (bong) yang terbuat dari botol kaca, dua buah mancis warna kuning dan orange, satu unit Handphone Nokia senter warna putih hitam, dan Uang kontan sebesar Rp. 760.000,-

Dan selanjutnya dilakukan pengeledahan terhadap sepeda motor milik Tersangka yang terletak di depan rumah yaitu sepeda motor Yamaha Vega R warna hitam dan di dalam Jok sepeda motor tersebut ditemukan satu buah amplop berwarna coklat yang di dalamnya terdapat satu paket besar plastik bening yang berisikan butiran kristal diduga Narkotika jenis Sabu-sabu, kemudian terhadap Tersangka beserta barang bukti dibawa ke Polsek Bagan Sinembah untuk pengusutan lebih lanjut.

Kemudian terhadap masing-masing barang bukti dilakukan penimbangan oleh pihak pegadaian Dumai dengan hasil sebagai berikut; 1 paket kecil plastik bening berisikan narkotika jenis Sabu-sabu dan 1 paket besar plastik bening berisikan narkotika jenis Sabu-sabu dengan berat bersihnya 46,20 gram. Setelah dilakukan pemeriksaan secara laboratoris oleh pihak laboratorium forensik cabang Medan, masing-masing narkotika jenis Sabu-sabu tersebut positif mengandung metamfetamina (narkotika golongan 1).

Dan sesuai dengan surat ketetapan status barang bukti narkotika Nomor : B-3038 / N.4.19 / Euh.1 / 12 / 2018, tanggal 13 Desember 2018 dari Kejaksaan Negeri Rokan Hilir, dari Kejaksaan Negeri Rokan Hilir bahwa masing-masing dari narkotika jenis shabu-shabu tersebut sebagian disisihkan dengan berat masing-masing 10 gram untuk pembuktian perkara dan sisanya untuk dimusnahkan. (Red)

About rokan times

Check Also

CAMAR Akan Berikan Dana Insentif Bagi Nazir Masjid/Mushola, Pengurus Rumah Suluk, Pengurus Gereja, Pengurus Vihara dan Pengurus Rumah Ibadah Yang Ada di Rohil

RIMBA MELINTANG-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra Andika, SH. dan Muhammad Rafik, ...