Rabu , November 25 2020
Home / Headline / Drs. H. Abdul Gafar Usman, MM Anggota DPD RI Bertugas Di Daerah Dalam Rangka Menyerap Aspirasi

Drs. H. Abdul Gafar Usman, MM Anggota DPD RI Bertugas Di Daerah Dalam Rangka Menyerap Aspirasi

 

Foto : Drs. H. Abdul Gafar Usman, MM. Saat melakukan reses di Aula Bintang Mulia, Bagan Batu, Kabupaten Rokan Hilir,

Rokantimes.co.id, Bagan Batu – Dalam rangka menyerap aspirasi Masyarakat di daerah pemilihannya, Anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) RI (Republik Indonesia) Drs. H. Abdul Gafar Usman, MM. melakukan reses ke Kabupaten Rokan Hilir, Propinsi Riau pada hari Selasa (25/12/2018) siang.

Kegiatan reses atau yang juga oleh DPD disebut dengan istilah Bertugas di Daerah ini dilaksanakan di Aula Bintang Mulia, Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir dan dihadiri ratusan Masyarakat dari Kecamatan-kecamatan yg ada di Kabupaten Rokan Hilir.

Anggota DPD RI Drs. H. Abdul Gafar Usman, MM menerangkan bahwa kegiatan ini adalah dalam rangka Penyerapan Aspirasi, tentang ususlan-usulan kemasyarakatan, usulan Pemerintahan dan usulan wilayah.

“Kita melakukan suatu agenda pertemuam langsung dengan Masyarakat, Kita dengan Pemerintah, kita dengan Organisasi. Hasil dari itu nanti kita klarifikasi mana yg kewenangan pusat berarti kebijakannya pada Menteri atau langsung dengan Presiden. Kalau wewenang Propinsi nanti akan kita komunikasikan dengan Pemerintah Propinsi dan Kawan-kawan kita di DPRD Propinsi.” Terangnya.

Foto : Drs. H. Abdul Gafar Usman, MM. Saat foto bersama dengan Masyarakat Kubu.

Dan salah satu aspirasi yang akan dibawa ke Pemerintah Pusat adalah persoalan Desa yang sudah ada perdanya namun belum menerima bantuan Dana Desa, akan dilakukan koordinasi dengan mentri terkait. “Ya Persoalan Desa yang telah ada Perdanya tapi belum mendapat Anggaran dari Pusat (Pemerintah Pusat, Red) nanti kita sampaikan ke Kementrian dalam Negeri dan dikomunikasikan dengan pusat di Dirjen, untuk di Riau ada 14 desa yang belum teregistrasi, di Kabupaten Siak, Bengkalis dan Rokan Hilir. Kalau tidak salah di Rokan Hilir, ada 4 Desa,” katanya.

Foto : Para Peserta yang mengikuti kegiatan Reses Drs. H. Abdul Gafar Usman, MM.

Dalam acara tersebut juga beberapa Masyarakat Menyampaikan Aspiranya diantaranya Warga dari Dusun Bhanti, Kecamatan Bagan Sinembah yang meminta adanya fasilitas air minum sebab di Desa Mereka sangat susah memperoleh air beraih, dan terkait hal tersebut Drs. H. Abdul Gafar Usman, MM menerangkan bahwa sudah ada program air bersih yang disebut DUROLIS (Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis) di Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir.

“Terkait air bersih sudah ada program Durolis di Kecamatan Tanah Putih, dan ini sedang berjalan, memang prosea secara bertahap.” Terangnya.

Disamping itu ada juga aspirasi tentang infrastruktur jalan di Kecamatan Kubu, dan dari kaum Milenial tentang solusi untuk mencegah para pemuda terjerumus kepada hal-hal yang tidak baik dan dari Kecamatan Palika (Pasir Limau Kapas) Muhammad Zen terkait pembangunan SDM (Sumber Dasar Manusia) khususnya Guru di Kecamatan Palika yang terisolir dan juga meminta ditinjaunya Undang-undang tentang Guru di mana banyak Guru honor yang sudah puluhan tahun mengabdi tapi belum juga diangkat menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Dan terkait aspirasi tersebut ia menyatakana akan membawa dan akan menelaahnya terkait kewenangan penyelesaiaannya.

Ditambahkannya, program yang sudah terealisasi untuk provinsi Riau ini adalah program listrik yang kini dalam proses penambahan jaringan di Desa-desa, serta program air bersih seperti Durolis (Dumai Rohil dan Bengkalis. “Alhamdulillah, program itu sedang berjalan,” tandasnya.

Foto : Drs. H. Abdul Gafar Usman, MM dengan sabar melihat jabaran terkait Permasalahan yang dihadapi oleh Masyarakat Kubu.

Ketika disinggung apakah maju lagi mencalonkan sebagai anggota DPD, Usman Gafar mengaku dicalonkan rakyat. Jika rakyat masih mempercayainya, mudah-mudahan ianya akan menjabat sebagai senator Riau lagi. “Insya Allah, kalau rakyat mempercai saya, mudah-mudahan, Aamiin,” akunya.

Di tempat yang sama Ketua Panitia Reses Nurdin MT menyampaikan terima kasih kepada seluruh Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Agama yang hadir dalam reses tersebut, kita berharap aspirasi yang disampaikan Masyarakat dapat diakomidir dan direalisasikan, jelasnya (Red).

About rokan times

Check Also

Kampanye Dialogis di Kepenghuluan Sekeladi, CAMAR disambut Ratusan Masyarakat Sekeladi

TANAH PUTIH-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra Andika, SH. dan Muhammad Rafik, ...