Rabu , November 25 2020
Home / Headline / Bawa 3 Kg Shabu Dan 2018 Ekstasi Dua Terdakwa Penyalahgunaan Narkoba Asal Bagan Batu Terancam Hukuman Mati

Bawa 3 Kg Shabu Dan 2018 Ekstasi Dua Terdakwa Penyalahgunaan Narkoba Asal Bagan Batu Terancam Hukuman Mati

Foto : Suasana sidang Terdakwa penyalahgunaan Narkoba jenis shabu dan ekstasi di Pengadilan Negeri Rokan Hilir.

Rokantimes.co.id, Ujung Tanjung – Dua Terdakwa Penyalahgunaan narkoba Edi Susanto (31) dan Dodi Wardani Sinaga (35) terancam dihukum dengan hukuman mati. Pasalnya, kedua Terdakwa Penyalahgunaan narkoba asal Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir ini tertangkap oleh Polres Rohil pada hari Sabtu tanggal 14 April 2018 yang lalu dengan barang bukti berupa shabu seberat 3 kg dan 2018 butir pil ekstasi.

Pengadilan Negeri Rokan Hilir, pada hari Senin (08/10/2018) kembali mengelar sidang terhadap kedua Terdakwa dengan agenda persidangan pemeriksaan Saksi penangkapan dari Polres Rohil, dimana sebelumnya, kedua Terdakwa telah didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan pasal 112, 114 dan 132 dengan ancaman hukuman mati.

Sidang dipimpin oleh Faisal, SH., MH dengan Hakim Anggota Lukman Nulhakim, SH., MH dan Boy JP Sembiring, SH, sementara JPU dari Kejaksaan Negeri Rokan Hilir (Kejari Rohil) Maruli Sitanggang, SH dengan Panitra Penganti (PP) Harmi Jaya, SH, sedangkan kedua Terdakwa di dampingi oleh Penasehat Hukum Andre Hasibuan, SH.

Terungkap dalam persidangan dua Saksi penangkap dari Tim Satnarkoba Polres Rohil Briptu. Roy Manurung dan Brigadir. W. Manullang menjelaskan bahwa penangkapan dua Terdakwa dilakukan saat Polres Rohil menggelar razia cipta kondisi dalam rangka operasi Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) pada hari Sabtu Tanggal 14 April 2018 di depan Mako Polres Rohil Jalan Lintas Riau Sumut, KM 167, Banjar XII, Kecamatan Tanah Putih yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Kompol. Antoni Lumbangaol, SH., MH.

Dijelaskan saksi lagi menjelang tengah malam sekitar pukul 23.00 Wib, pada saat itu Tim menghentikan satu unit mobil pickup Daihatsu Grand Max yg dikendarai oleh Edi Susanto, saat dilakukan pemeriksaan disamping Terdakwa Edi Susanto terdapat tas warna biru, dan saat tas itu diperiksa ditemukan barang bukti yang diduga narkotika jenis shabu dan pil ekstasi selanjutnya Terdakwa dan barang bukti diamankan di Polres Rohil.

Saksi juga menjelaskan kepada Majelis Hakim bahwa dari keterangan Terdakwa Edi Susanto kepada Tim saat itu, barang bukti narkotika tersebut diperoleh dari seseorang yang tidak dikenal atas suruhan Rudi yang diterima terdakwa di daerah pelintung Dumai, dan rencananya barang bukti tersebut akan diserahkan kepada Terdakwa Dodi Wardani Sinaga yang telah menunggunya di Hotel Bintang Mulia Bagan Batu.

Selanjutnya Saksi melanjutkan penjelasannya bahwa Kasat Narkoba Polres Rohil memerintahkan Anggota Opsnal Sat Narkoba bergerak menuju Hotel Bintang Mulia dan dilakukan penangkapan terhadap Terdakwa Dodi Wardani Sinaga di kamar Hotel Bintang Mulia No. 201 Bagan Batu, dan membawanya ke Polres Rohil.

Bahkan dari keterangan saksi Roy Manurung dalam ruang sidang, keterangan awal Terdakwa mengataka bahwa Terdakwa ES sudah dua kali melakukan hal yang sama. (Red)

About rokan times

Check Also

Kampanye Dialogis di Kepenghuluan Sekeladi, CAMAR disambut Ratusan Masyarakat Sekeladi

TANAH PUTIH-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra Andika, SH. dan Muhammad Rafik, ...