Senin , November 30 2020
Home / Headline / Dipandu dr. Nurmayanti, TK Aisiyah Ajarkan 7 Langkah Cuci Tangan

Dipandu dr. Nurmayanti, TK Aisiyah Ajarkan 7 Langkah Cuci Tangan

Foto : Anak-anak TK Aisiyah Bagan Batu terlihat sangat antusias saat mengikuti dan mempraktekkan cuci tangan dengan 7 langkah yang dipandu Mahasiswi Kedokteran UISU Kemarin.

ROKANTIMES.co.id, Bagan Batu – Menjaga kebersihan merupakan suatu hal yang sangat penting agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang bersumber dari kuman dan bakteri. Salah satu kebersihan yang harus dijaga adalah menja kebersihan tangan.

Untuk itu, Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Aisiyah Bustanul Atfal Bagan Batu pada kali ini memberikan pelajaran mengenai cara mencuci tangan agar tangan tetap terjaga kebersihannya, yakni pelajaran tentang cara menerapkan 7 langkah cuci tangan yang baik dan benar, pada hari Jum’at (07/09/2018).

Kegiatan mengenai cuci tangan yang baik dan benar ini diajarkan dan dipraktikkan langsung oleh seluruh Anak-anak TK Aisiyah dengan dipandu langsung oleh dr. Nurmayanti Siregar, Mahasiswi dari Fakultas Kedokteran UISU (Universitas Islam Sumatera Utara).

“Mencuci tangan adalah suatu kegiatan yang memang sering diabaikan oleh banyak orang karena dianggap suatu pekerjaan yang sepele untuk dilakukan. Padahal, mencuci tangan memang suatu pekerjaan yang sepele untuk dilakukan namun mencuci tangan memiliki manfa’at yang sangatlah besar terhadap kesehatan.” Jelas Dokter Nurmayanti Siregar.

“Dan Perlu diketahui,” terang Dokter Nurmayanti melanjutkan, “tangan merupakan salah satu tempat atau sarang dari berbagai macam kuman dan bakteri penyakit, yang mana dengan tangan kita memegang sesuatu dan dengan tangan kita makan, ketika kita mengambil makanan tanpa membersihkan dengan mencuci tangan terlebih dahulu maka dari situlah kuman dan bakteri penyakit akan masuk kedalam tubuh.”

Kemudian Dokter Nurmayanti, menjelaskan bahwa mencuci tangan haruslah dilakukan dengan cara dan langkah yang benar, bukan hanya sekedar mencuci dengan mengguyurkan air ke tangan saja, karena ini masih menyisakan kuman dan bakteri pada tangan.

Untuk itu, kata dr. Nurmayanti Siregar diperlukan langkah-langkah yang benar seperti 7 langkah cuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun.

“Tujuh langkah cuci tangan merupakan suatu cara mencuci tangan dengan menggunakan air yang bersih serta sabun guna untuk membersihkan tangan serta jari-jari dan kuku dari segala macam kotoran agar terhindar dari berbagai macam kuman dan penyakit yang dapat mengganggu kesehatan,” katanya.

Lebih jauh lagi, kata Dokter Nurmayanti bahwa mencuci tangan dengan 7 langkah cuci tangan haruslah menjadi suatu kebiasaan yang harus sering dilakukan, baik itu dilakukan ketika selesai bermain di luar atau di dalam rumah, setelah membuang sampah, setelah dari toilet, sebelum dan sesudah makan, dan lainnya.

Hal tersebut bertujuan untuk membersihkan dari segala kotoran yang melekat pada tangan dengan menggunakan sabun dan air yang bersih, serta gunakan tisu atau handuk untuk mengeringkannya.

“Air bersih yang harus digunakan dalam 7 langkah cuci tangan ialah air yang mengalir seperti air kran, serta sabun yang dapat digunakan untuk mencuci tangan adalah sabun yang memiliki antiseptik atau pun bisa juga dengan sabun biasa seperti sabun mandi baik itu sabun cair atau pun sabun batangan. Akan tetapi dianjurkan untuk menggunakan sabun antiseptik, karena sabun antiseptik memiliki kandungan zat bakteri umum seperti triklosan,” ujarnya.

Dijelaskannya, berbagai aktifitas pastilah dilakukan oleh semua orang  yang mengakibatkan tangan menjadi kotor, sehingga tangan menjadi salah satu tempat berkumpul dan berkembang biaknya penyakit. Ada berbagai macam penyakit yang timbul akibat tidak mencuci tangan setelah beraktifitas, antara lain Flu dan pilek, diare dan gangguan usus terinfeksi bakteri E. coli, penyakit kulit magningitis, Hepatitis A, C atau gangguan hati, penyakit cairan tubuh.

“Nah, jadi jangan sepelekan dan jangan malas untuk mencuci tangan ketika sebelum dan sesudah melakukan berbagai macam aktifitas,” pesan Dokter Nurmayanti.

Kepala Sekolah TK Aisiyah Nurmaliza, S. Pd mengapresiasi dan terima kasih kepada Mahasiswi dari Fakultas Kedokteran UISU tersebut yang telah memberikan ilmu sekaligus pembelajaran kepada Anak-anak dan menurutnya hal itu sangat bagus diterapkan sejak dini apalagi Anak-anak belum banyak terkontaminasi dengan penyakit akibat kuman.

“Kita berharap Anak-anak dapat terus menerapkan dan membiasakan hal ini  setiap saat agar terhindar dari penyakit,” ungkap Nurmaliza. (**red)

About rokan times

Check Also

CAMAR Unggul Versi Polling Media Online Riau24Jam.com

CAMAR unggul dalam polling Riau24jam.com ROKAN HILIR-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra ...