Sabtu , Desember 5 2020
Home / Headline / APKASINDO Sintang Kalbar Stuban Di KUD Subur Makmur Bagan Sinembah

APKASINDO Sintang Kalbar Stuban Di KUD Subur Makmur Bagan Sinembah

Foto : Apkasindo Sintang, Kalbar dan Apkasindo Rohil foto bersama di halaman Kantor Apkasindo Rohil Km 8 Paket B, usai kunjungan di KUD Subur Makmur.

Rokantimes.co.id, Bagan Batu – Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabaupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) bersama 6 Ketua KUD (Koperasi Unit Desa) melakukan Stuban (Studi Banding) ke KUD Subur Makmur Kepenghuluan (Desa) Suka Maju, Kecamatan Bagan Sinembah, pada hari Sabtu (22/09/2018).

Supriadi selaku Perwakilan Apkasindo Sintang mengaku bahwa kunjungan ke KUD Subur Makmur itu untuk melihat secara langsung teknis dan proses pelaksanaan program PSR (Peremajaan Sawit Rakyat) yang di lakukan KUD Subur Makmur.

“Tujuan Kami adalah untuk menambah ilmu wawasan dalam mendapatkan program PSR dari Pemerintah,” kata Supriadi usai kunjungannya kemarin.

Menurut Supriadi, proses pelaksanaan program PSR itu ternyata bukan tidak mudah untuk mendapatkannya dan bahkan butuh waktu lama prosesnya,

“Dan proses pelaksanaan inilah pengalaman yang Kami dapatkan dari kunjungan ini,” katanya.

Diungkapkannya, di Kabupaten Sintang, Kalbar ada sebanyak kurang lebih 13.000 (tiga belas ribu) hektar tanaman kelapa sawit yang segera dilakukan peremajaan, oleh karena itu, Ia dan Para Ketua KUD ini bertekad untuk memperjuangkan program PSR dari Pemerintah.

“Karena dana PSR itu memang ada yang dikelola oleh BPDP-KS (Badan Pengelola Dana Perkebunan – Kelapa Sawit, Red),” ungkap Supriadi lagi.

“Jadi sayang kalau memang dana itu ada namun tidak dimanfaatkan dan bahkan bisa membantu meringankan beban Petani sawit dalam melakukan peremejaan sawit nanti, dalam waktu 3 sampai 4 tahun Kami akan melakukan replanting (Penanaman Ulang, Red),” ungkap Supriadi.

Ketua Apkasindo Rohil Tomi Sihombing yang didampingi Ketua KUD Subur Makmur H. Tumin usai mendampingi kunjungan Apkasindo Sintang Kalbar menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan Apkasindo dan Ketua KUD di Sintang di KUD Subur Makmur Suka Maju, Kecamatan Bagan Sinembah.

“Ini suatu kehormatan bagi Apkasindo dan KUD Subur Makmur khususnya, yang telah menjadi acuan dalam pelaksanaan program PSR oleh Apkasindo Sintang,” ungkap Tomi didampingi H. Tumin.

“Perlu diketahui,” lanjut Tomi “Bahwa KUD Subur Makmur merupakan pertama kalinya yang telah melakukan program PSR di Riau dan tentu masih banyak belajar lagi dalam proses pelaksanaan PSR dan menjadi pengalaman dan masih banyak kekurangan, mudah-mudahan tahap kedua nanti, pelaksanaan PSR dapat berjalan lancar,” ungkap Tomi. (***Red)

About rokan times

Check Also

CAMAR Akan Berikan Dana Insentif Bagi Nazir Masjid/Mushola, Pengurus Rumah Suluk, Pengurus Gereja, Pengurus Vihara dan Pengurus Rumah Ibadah Yang Ada di Rohil

RIMBA MELINTANG-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra Andika, SH. dan Muhammad Rafik, ...