Selasa , November 24 2020
Home / Headline / 3 Hari Alami Gangguan Jaringan Internet, e-KTP Gagal Dicetak

3 Hari Alami Gangguan Jaringan Internet, e-KTP Gagal Dicetak

ROKANTIMES.co.id, Bagan Siapiapi – Selama 3 hari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir tidak bisa melakukan pencetakan e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik), karena terkendala dengan perangkat internat, yang mengalami gangguan jaringan.

Terkait hal itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Rokan Hilir, Baharuddin, SH ketika dikonfirmasi melalui WA (WhatsApp) pada hari Kamis (13/09/2018) kemarin mengungkapkan, bahwa sudah tiga hari eKTP tidak bisa dicetak, akibat adanya gangguan jaringan internet.

“Ya, kemaren ada 3 hari tak bisa cetak, jaringan tidak konek dan sore semalam sudah bagus, mulai Jum’at kemarin sampai semalam siang (ganguan jaringan, Red).” Ujar Baharuddin.

Dan terhadap gangguan jaringan tersebut Pihak Kadisdukcapil telah melakukan koordinasi ke Pusat, sehingga permasalahan telah teratasi dan pelayanan pencetakan e-KTP bisa kembali berjalan sebagaimana mestinya.

“Yang Kami lakukan koordinasi ke Pusat (Kementerian Dalam Negeri, Red) , dan permasalahan tersebut alhamdulillah sudah oke.” Lanjut Baharuddin menjelaskan.

Kemudian terkait ketersediaan tinta dan blanko eKTP, Baharuddin menyatakan bahwa tinta dan blanko ada tersedia.

“Tinta dan blanko ada.” Jawab Kadis singkat.

Dilain pihak seorang Warga Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah JS (29) merasa kecewa terhadap layanan pencetakan eKTP di Disdukcapil, sebab untuk mencetak eKTP Dia telah menempuh perjalan selama 3 jam (6 Jam pulang pergi) untuk sampai ke Kantor Disdukcapil tapi sesampainya di Disdukcapil tidak bisa mencetak eKTP karena jaringan komputer.

“Ya, saya sangat kecewa, sebab untuk sampai di sini (Kantor Disdukcapil, Red) saya menempuh perjalan 3 jam, dan sesampainya di sini malah kata salah seorang Pegawai bahwa sedang ada gangguan jaringan komputer.” Jelasnya.

Bukan hanya sampai di situ, kekecewaannya masih berlanjut sebab selain gangguan jaringan tumpukan berkas eKTP yang akan dicetakpun masih berjibun, bahkan katanya ada yang sudah dari 2016 juga belum tercetak.

“Bukan itu saja,” katanya menambahkan “berkas yang mau dicetakpun sudah menumpuk banyak, bahkan kata Mereka ada yang dari tahun 2016 juga belum dicetak, nah gimana dengan saya yang baru mendaftar, gak kebayangkan kapan selesainya.” Ungkapnya dengan kecewa. (**Red)

About rokan times

Check Also

Jadi Calon Bupati Paling Muda, CAMAR Dapat Dukungan Penuh Kaum Milenial Rokan Hilir

ROKAN HILIR-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra Andika, SH. dan Muhammad Rafik, ...