Sabtu , Oktober 24 2020
Home / Headline / Pupuk Hayati Kaya Bio Mampu Tingkatkan Penghasilan Dan Tanaman Lebih Sehat

Pupuk Hayati Kaya Bio Mampu Tingkatkan Penghasilan Dan Tanaman Lebih Sehat

 

Foto : Agrobisnis PT. Petrokimia Kayaku Wilayah Riau Suhadi dan Distributor Pupuk Hayati Kaya Bio Riau Lilik saat mengunjungi ladang petani di paket G.

ROKANTIMES.co.id, Bagan Batu – Untuk mengetahui sejauh mana penggunaan pupuk hayati Kaya Bio yang telah digunakan para Petani di Bagan Sinembah, Agrobisnis PT. Petrokimia Kayaku (Petrokimia Gresik Group) Indonesia yang merupakan produsen Pupuk hayati Kaya Bio melakukan kunjungan ke petani.

“Tujuannya untuk mengetahui hasil dan memberikan arahan kepada petani yang belum memahami teknis penggunaan pupuk hayati ini,” ucap Agrobisnis atau Marketing PT. Petrokimia Kayaku wilayah Riau, Suhadi.

Suhadi mengaku, sudah banyak Petani yang berhasil dan mengaku puas dengan menggunakan pupuk hayati kaya bio dalam melakukan perawatan berbagai tanaman pertanian maupun perkebunan dengan catatan penggunaanya harus dilakukan sesuai dengan teknis atau aturan pemakaian serta pupuk kimia pendukung lainnya.

“Terkadang ada kesalahan dan belum paham dengan teknis dan salah cara pandang,” kata Suhadi lagi.

Dijelaskan Suhadi, penggunakan pupuk hayati kaya bio ini dosisnya perpokoknya untuk tanaman kelapa sawit adalah 250 gram dan waktu aplikasinya adalah awal atau akhir musim hujan dan pemupukannya dilakukan dalam setahun dua kali.

“Pupuk hayati kaya bio ini mengandung kompleks mikroba tanah yang unggul dan efektif dalam meningkatkan/mengendalikan kesuburan tanah secara alami/biologi, merangsang perkembangan dan pertumbuhan akar, mempercepat masa panen dan meningkatkan hasil panen,” ungkap Suhadi.

Lebih jauh dipaparkan Suhadi, bahwa pupuk hayati kaya bio ini memiliki banyak manfaat dan fungsi, kaya bio adalah formula pupuk hayati, bukan bahan kimia sisstemik, kemudian dapat menambah populasi mikroorganisme dalam tanah sehingga mampu meningkatkan kesuburan biologi tanah, menambah ketersediaan unsur hara Nitrogen karena mampu menambah Nitrogen dari udara bebas.

“Kemudian dapat meningkatkan ketersediaan unsur hara fosfat dalam tanah karena kayabio mampu mengurai fosfat yang terikat dalam tanah menjadi bentuk yang tersedia bagi tanaman,” terang Suhadi.

Lanjut Suhadi, Kaya Bio ini juga mengandung mikroorganisme yang mampu mengurai bahan organik tanah, bermanfaat untuk memperbaiki agregat tanah, menghasilkan zat pemacu tumbuh, dapat merangsang perakaran dan pertumbuhan tanaman serta meningkatkan hasil.

“Pupuk hayati kaya bio ini juga tidak meracuni tanaman dan tidak mencemari lingkungan, kemudian tanaman menjadi lebih sehat dan hasil panen meningkat,” papar Suhadi.

Distributor Pupuk Hayati Kaya Bio wilayah Riau, Lilik mengaku selama 1,5 tahun di Rohil ini sudah banyak para Petani menggunakan pupuk hayati kaya bio dan tidak ada yang meragukan penggunaan pupuk kaya bio ini.

“Jika anda mengalami masalah dalam pengelolaan tanah dan penghasilan, apapun pupuknya itu, solusinya adalah pupuk hayati ‘KAYA BIO’, dimana pupuk hayati kaya bio ini sudah terbukti dan mampu mengatasi permasalahaan yang anda hadapi,” kata Lilik.

Dan untuk lebih jelasnya penggunaan pupuk hayati kaya bio ini, kata Lilik, para Petani dapat mendatangi Distributor Pupuk Kaya Bio PT. Petrokimia Kayaku (Petrokimia Gresik Group) Indonesia wilayah Provinsi Riau yang beralamat di Jalan Lintas Riau Sumut Km. 16, Kepenghuluan Pasir Putih, Kecamatan Balai Jaya atau menghubungi koordinator yakni, Rahmono Hp. 081365477467, Abdul Mukhlis Hp. 085274340008 dan Budi Proyogi Hp. 085376577377. (**red)

About rokan times

Check Also

Anggota Koramil 02/Tanah Putih Lakukan Giat Gotong Royong

Rokantimes.co.id, Tanah Putih РAnggota Koramil 02/Tanah Putih Sertu Sulaiman lakukan giat gotong royong pemeliharaan Jalan ...