Sabtu , Desember 5 2020
Home / Headline / Bagan Sinembah Sudah Miliki Produk Lokal, Bupati Hadiri Lounching Perdana

Bagan Sinembah Sudah Miliki Produk Lokal, Bupati Hadiri Lounching Perdana

BAGANBATU (rokantimes.co.id) Pemerintah Kecamatan Bagan Sinembah lounching produk unggulan hasil karya masyarakat, lounching dihadiri oleh Bupati Rohil Suyatno, Amp di Kepenghuluan Bagan Batu Barat, Kamis (2/8/18).

Beberapa produk lokal yang dilounching antara lain kerajinan tangan yang terbuat dari sapu lidi dari Kepenghuluan Bhayangkara Jaya, Batik Tulis bergambarkan pohon sawit dari Kepenghuluan Bagan Sapta Permai, souvenir dari Cangkang Sawit dari Kepenghuluan Meranti Makmur.

Selain itu produk makanan dan jajanan hasil karya masyarakat antara lain, gula sawit (gula merah dari nira pohon kelapa sawit) dari Kepenghuluan Bakti Makmur, jamur tiram dari Kepenghuluan Gelora, jagung dari Kepenghuluan Bakti Jaya, rangginang dari Kepenghuluan Bagan Manunggal dan produk jajanan dari Kepenghuluan Bagan Batu Barat.

Camat Bagan Sinembah Sakinah S. STP mengatakan bahwa produk unggulan ini juga natinya menjadi ciri khas dari masing-masing Kepenghuluan, produk unggulan ini akan dikola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan diberi label Kepenghuluan masing masing.

“Pemkab Rohil diharapkan dapat memberi dukungan baik secara moril maupun materil maupun dalam pemasaran hasil produk tersebut,” terangnya.

Dia juga berharap produk yang dihasilkan ini dapat dipatenkan melalui penerbitan Peraturan Daerah (Perda) sehingga produk yang dihasilkan ini dapat berdayaguna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bupati Rokan Hilir,  H. Suyatno, Amp memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kecamatan Bagan Sinembah yang telah berhasil membina usaha produk lokal dari Kepenghuluan tersebut.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir kita memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dicanangkannya produk unggulan ini.” Ungkapnya.

Bupati meminta kepada Dinas terkait harus memberikan perhatian penuh untuk membina usaha produk lokal ini dan jangan dibiarkan berjalan sendiri tanpa pembinaan.

Bupati menyarankan kepada Pemerintah Kecamatan memanfaatkan lahan milik Pemerintah Daerah untuk lokasi pemasaran produk unggulan tersebut yang dipusatkan disatu lokasi sehingga ke depan hasil produk lokal ini akan menjadi oleh-oleh khas dari daerah ini.

Suyatno berharap seluruh Kecamatan yang ada di Rokan Hilir harus mencontoh Kecamatan Bagan Sinembah ini, dan mendorong setiap Kepenghuluan untuk menghasilkan karya produk sendiri untuk menswadayakan masyarakat. (red)

About rokan times

Check Also

CAMAR Akan Berikan Dana Insentif Bagi Nazir Masjid/Mushola, Pengurus Rumah Suluk, Pengurus Gereja, Pengurus Vihara dan Pengurus Rumah Ibadah Yang Ada di Rohil

RIMBA MELINTANG-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra Andika, SH. dan Muhammad Rafik, ...