Jumat , Januari 22 2021
Home / Headline / Songsong Revolusi Induatri, SMK Pembangunan Mengadakan Sosialisasi Kewirausahaan Dan seminar Implementasi Kurikulum – K13

Songsong Revolusi Induatri, SMK Pembangunan Mengadakan Sosialisasi Kewirausahaan Dan seminar Implementasi Kurikulum – K13

 

Foto : Nara sumber Seminar Kewirausahaan Acang Mujahid bersama Peserta saat menunjukkan hasil produk kreatifitas Siswa.

ROKANTIMES.co.id, Bagan Batu – Untuk merespon pesatnya kemajuan industri yang saat ini terus tumbuh dan berkembang akibat terus bergulirnya revolusi industri, SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Pembangunan Bagan Batu mengadakan Sosialisasi Kewirausahaan sekaligus Seminar Implementasi Kurikulum -K13, Sabtu 28/07/2018.

Seminar atau sosialisasi ini disampaikan langsung oleh Narasumber dari CV. Graha Assesmatika Indonesia Acang Mujahid, MM dengan peserta yang melibatkan para Siswa dan Guru.

Acang Mujahid dalam kesempatan ini mengaku, sosialisasi ini sengaja dilakukan di sekolah, karena menurutnya sekolah atau dunia pendidikan menjadi tempat yang sangat strategis untuk menumbuh kembangakan bakat wirausaha, apa lagi akan memasuki era Revolusi Industri versi 4.0 dan konsep Revolusi Industri ini akan mengubah hidup dan kerja Manusia.

Sesuai apa yang diungkapkan oleh Hasan Mujahid, MM bahwa Revolusi Industri itu ditandai dengan sistem cyber-physicalatau saat ini industri mulai menyentuh dunia virtual, berbentuk konektivitas manusia, mesin dan data, semua sudah ada di mana-mana yang istilah ini dikenal dengan nama Internet of Things atau IoT.

Dengan adanya Revolusi Industri 4.0, maka akan terjadi peralihan tenaga manusia menjadi tenaga robot, belum lagi persaingan bursa tenaga kerja asing, sehingga semakin kecil kedepannya untuk kesempatan kita sebagai tenaga kerja.

Untuk itu, kata Acang Mujahid langkah yang tepat diambil oleh pihak kementrian pendidikan dalam hal ini melaui DITPSMK didalam mengembangkan kurikulum berbasis kewirausahaan atau dikenal dengan nama Bidang Studi ‘Produk Kreatif dan Kewirausahaan’, bidang studi ini harus dijalankan 7 sampai 8 jam perminggu. Lantas Acang Mujahidpun mempertanyakan strategi apa yang dilakukan oleh Piihak Sekolah.

Sementara itu, Kepala sekolah SMK Pembangunan Bagan Batu Sigit Budhiarto, S. Pd mengatakan bahwa bahwa kegiatan seminar kewirausahaan ini merupakan langkah cepat SMK Pembangunan Bagan Batu untuk mempersiapkan diri baik itu dari Pihak Siswa maupun dari Pihak Guru di dalam penempahan jiwa wirausaha.

“Inilah salah satu upaya yang kita lakukan, sehingga nantinya para siswa sejak sekarang ini mengerti langkah apa yang akan dilakukan sebelum terjun di lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Ketua Yayasan Perguruan Pembangunan Bagan Batu Hj. Sri Eka Sari, di mana Ia menyampaikan bahwa SMK Pembangunan Bagan Batu yang Ia kelola ini bukan hanya mempersiapkan skill untuk bersaing di dunia usaha dan industri, akan tetapi juga mempersiapkan jiwa muda enterpreneurship, sehingga tamatan dari sekolah ini menjadi Siswa-Siswi yang mandiri.

“Tujuannya ini tak lain adalah juga untuk kemajuan sekolah dan siswa dalam menyikapi revolusi industri ini,” kata Hj. Sri Eka Sari.

Foto : Seluruh Guru SMK Pembangunan saat Menyikapi Perkembangan Revolisi Industri.

Setelah acara sesi pertama selesai, acara dilanjutkan dengan materi Desiminasi hasil Bimtek Nasional tentang Budaya K3 di sekolah, hal ini disampaikan langsung oleh Narasumber yang telah memiliki sertifikasi Ahli K3 Umum dan telah mengikuti Bimtek (bimbingan teknis) K3 tingkat nasional  dari guru SMK Pembangunan Bagan Batu.

Dan menurut Kepala sekolah SMK Pembangunan Bagan Batu Sigit Budiharto, bahwa acara kegiatan ini seluruhnya dibiayai melalui penggunaan dana BOS SMK, dengan harapan memberikan pemahaman tentang materi yang disampaikan khususnya bagi kemajuan SMK Pembangunan Bagan Batu. (**red)

 

About rokan times

Check Also

Kurir Sabu Asal Aceh Tewas Ditembak, Polsek Patumbak Sita Sabu 2 Kilogram

MEDAN, Rokantimes.co.id Seorang kurir narkotika jenis sabu-sabu, Eri Edi (47), warga Lhokseumawe, Aceh tewas ditembak ...