Selasa , Desember 1 2020
Home / Headline / Satreskrim Polres Rohil Gelar Press Release Pengungkapan Upal

Satreskrim Polres Rohil Gelar Press Release Pengungkapan Upal

 

Foto : Satreskrim Polres Rohil menunjukkan barang bukti uang palsu dan Tersangka saat Gelar Press Release Pengungkapan Upal.

ROKANTIMES.co.id, Ujung Tanjung – Satuan Reskrim Polres Rokan Hilir gelar Press Release terkait pengungkapan kasus tindak pidana uang palsu (upal) yang terjadi di Jalan Lintas Riau-Sumut KM 8, Paket B, Kepenghuluan Bahtera Makmur, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Selasa 03/07/2018, Pukul 10.00 Wib.

Kasatreskrim Polres Rokan Hilir AKP. M. Faisal Ramzani, SH., SIK dalam Press Releasenya mengatakan bahwa nilai upal yang sudah di buat oleh Tersangka MR sebanyak Rp. 7.000.000,- (tujuh juta rupiah) dan uang palsu tersebut telah diedarkan oleh pelaku ke tengah-tengah Masyarakat.

Lanjut Kasatreskrim, Pelaku tindak pidana uang palsu ini merupakan Warga Kepenghuluan Bahtera Makmur dengan imisial MR (24), yang beralamat di Jalan Bambu Kuning, KM 3, Kepenghuluan Bahtera Makmur, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir.

Kronologis kejadian sehingga terungkapnya tindak pidana uang palsu tersebut adalah bermula pada hari Minggu 01/07/2018, sekira Pukul 11.00 Wib, telah didapat informasi bahwa telah terjadi peredaran uang palsu di daerah Bagan Batu KM 12, Kencana, Kecamatan Bagan Sinembah.

Yang mana uang palsu tersebut digunakan oleh Andi untuk membayar hutang kepada Wanda sebanyak Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah), selanjutnya dari Pengakuan Andi bahwa uang palsu tersebut diperoleh dari Randi yang kemudian Tim opsnal melakukan pengembangan dan melakukan penangkapan terhadap Randi dan turut mengamankan beberapa barang bukti.

Adapun barang bukti yang ditemukan di Tempat Kejadian Perkara (TKP) adalah Satu (1) unit printer merk HD Desk2 warna putih, Dua (2) buah gunting warna putih dan hijau, 1/2 rim kertas HVS F4 warna putih, 32 lembar mata uang rupiah pecahan 100.000 dan 29 lembar mata uang rupiah pecahan 50.000.

Pelaku tindak pidana uang palsu MR tersebut menurut Kasatreskrim akan dijerat pasal 36 Ayat 1, 2 dan ayat 3, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Mata Uang jo pasal 244 jo pasal 245 KUHPidana dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Kasatreskrim Polres Rokan Hilir AKP. M. Faizal Ramzani, SH., SIK selanjutnya dalan Press Release tersebut menghimbau kepada Seluruh Masyarakat agar selalu berhati-hati terhadap tindak pidana uang palsu, terutama kepada Ibu-Ibu yang sering berbelanja di pasar, apabila berbelanja ke pasar harap selalu menerapkan tiga (3) D yaitu, diraba, dilihat dan diterawang terlebih dahulu uang yang akan dibelanjakan. (**red)

About rokan times

Check Also

CAMAR Unggul Versi Polling Media Online Riau24Jam.com

CAMAR unggul dalam polling Riau24jam.com ROKAN HILIR-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra ...