Sabtu , Desember 5 2020
Home / Headline / IPMKBP Pekan Baru Adakan PMO OSIS SMA/SMK/Sederajat Se-Kecamatan Bangko Pusako

IPMKBP Pekan Baru Adakan PMO OSIS SMA/SMK/Sederajat Se-Kecamatan Bangko Pusako

Foto : Foto bersama setelah acara Pelatihan Menajemen Organisasi OSIS tingakat SMA dan SMK atau Sederajat.

ROKANTIMES.co.id, Bangko Pusako – Ikatan Pelajar Mahasiswa Kecamatan Bangko Pusako (IPMKBP) Pekan Baru, adakan pelatihan Menajemen Organisasi (PMO) Organisasi Siswa (OSIS) tingakat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Sederajat, baik sekolah swasta maupun negeri pada hari Kamis (19/07/2018).

Kegiatan yang bertemakan ‘Pendewasaan Diri Yang Berprestasi Melalui Organisasi‘ ini diadakan di SMA Negeri 1 Bangko Pusako, Kepenghuluan Pematang Ibul, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dan dihadiri oleh OSIS SMA Negeri 1 Bangko Pusako selaku tuan rumah, SMA Negeri 3 Bangko Pusako, SMA Negeri 4 Bangko Pusako, SMA Negeri 5 Bangko Pusako, SMK Nusantara dan SMK Bangko Pusako.

Sambutan pertama disampaikan oleh Wahyu Akmal Rinaldi selaku Ketua Pelaksana, Wahyu menyampaikan tujuan dari PMO OSIS ini adalah untuk menjalin silaturahmi sesama pengurus OSIS dan juga untuk menambah pengalaman dan berbagi wawasan kepada para pengurus OSIS.

Selanjutnya Memo Sahputra, Kepala Bidang (Kabid) Kaderisasi menyampaikan sambutan mewakili Ketua Umum (Ketum) IPMKBP Pekan Baru yang berhalangan hadir karena dalam masa Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“Saya mewakili Ketum IPMKBP menginginkan kegiatan ini tetap berlanjut dan tidak terputus sehingga tetap menjalin silaturrahim dan membantu adik-adik pengurus OSIS dalam berorganisasi, memalaui kegiatan ini, semoga tercipta kedewasaan diri yang berprestasi dikalangan pengurus OSIS SMA/Sederajat Se-Kecamatan Bangko Pusako.” Ujar Memo.

Kemudian sambutan disampaikan oleh Firdaus, S.Pd, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bangko Pusako sekaligus pumbukaan kegiatan PMO OSIS SMA/SMK/Sederajat Se-Bangko Pusako.

“Kami selaku pihak sekolah merasa tersanjung karena IMPKBP PekanBaru memilih sekolah kami sebagai tuan rumah dalam PMO OSIS tahun ini dan selamat datang kepada SMA/SMK Se-Bangko Pusako yang telah hadir dalam kegiatan hari ini.” ujarnya.

Selain itu Firdaus juga mengajak kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan untuk menjadikan kesempatan ini sebagai ajang untuk menimba ilmu tentang keorganisasian dan saling mempererat silaturahim antar sekolah.

Setelah pembukaan rangkaian acara selanjutnya masuk ke acara inti dengan pemateri pertama oleh Alben Tajudin, S.H, yang juga merupakan Demisioner IPMKBP Pekan Baru dan kepemimpinan merupakan materi yang disampaikan Alben, ia membuka materinya dengan menanyakan arti dari pemimpin kepada peserta.

“Pemimpin merupakan orang yang mengatur dan memerintah dalam sebuah organisasi” jawab Nuri Astisa Harahap, salah seorang peserta PMO OSIS.

Namun Alben menjelaskan bahwa pemimpin bukan hanya sekedar tentang memerintah saja, pemimpin harus menjadi orang yang bisa merangkul dan memberi contoh kepada anggota dan terhadap apa yang ia pimpin untuk mencapai tujuan bersama.

Materi pertama diakhiri dengan penyerahan plakat kenang-kenangan yang diserahkan oleh Ketum IPMKBP Pekan Baru Alfarisil Munir yang menyempatkan diri hadir disela-sela masa KKNnya dan kemudian foto bersama dengan para Pesetra PMO OSIS dan Panitia acara.

Setelah selesai solat Zuhur dan makan bersama kemudian acara dilanjutkan pada pemateri kedua yang disampaikan oleh Almizan, S.H, yang juga merupakan salah satu Demisioner IPMKBP Pekan Baru.

Almizan menyampaikan materi tentang struktur dan keorganisasian OSIS. ”dalam organisasi memiliki tugas pokok dan fungsi, dan masing-masing anggota harus menjalankan tugas dan fungsinya.” Ujar Almizan.

Almizan juga menyampaikan dalam melakukan tugasnya seseorang perlu memahami tugas dan fungsinya dalam jabatan tersebut, selain itu dalam melakukan tugas dan tanggung jawab dalam organisasi perlunya ada kerjasama dengan bidang-bidang lain dalam organisasi.

Pemateri kedua juga ditutup dengan penyerahan plakat kenang-kenagan yang diserahkan oleh Jerry Navayandi sebagai Sekretaris Umum IPMKBP Pekan Baru.

Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat peserta terbaik, dan tiga orang diantara peserta berhasil mendapat predikat peserta terbaik, diantaranya adalah Nuri Astita Harahap, R.A Desti Lintya, Suwandi Francis Nainggolan. (Red)

About rokan times

Check Also

CAMAR Akan Berikan Dana Insentif Bagi Nazir Masjid/Mushola, Pengurus Rumah Suluk, Pengurus Gereja, Pengurus Vihara dan Pengurus Rumah Ibadah Yang Ada di Rohil

RIMBA MELINTANG-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra Andika, SH. dan Muhammad Rafik, ...