Rabu , November 25 2020
Home / Headline / BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Bagan Batu Barat

BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Bagan Batu Barat

Foto : Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Dumai Muhammad Riyad, KCP Bagan Batu Adriyan Pribadi Saat melakukan penandatanganan MoU dengan Pemerintah Kepenghuluan Bagan Batu Barat.

ROKANTIMES.co.id, Bagan Batu- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  Ketenagakerjaan menggelar sosialisasi kepada seluruh para RT, RW dan Kepala Dusun di Kepenghuluan Bagan Batu Barat, Kecamatan Bagan Sinembah, Jum’at 06/07/2018.

Dalam sosialisasi yang dipusatkan di Kantor Penghulu Bagan Batu Barat ini, pemaparan langsung disampaikan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan wilayah Bagan Batu, Adriyan Pribadi.

Dalam acara ini, turut hadir, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Dumai, Muhammad  Riyad, Camat Bagan Sinembah Sakinah, S. STP., M. SI yang diwakili Sekretaris Camat, Darsono, SE, Datuk Penghulu Bagan Batu Barat, Zulfan Efendi dan para Tokoh Masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Datuk Penghulu Bagan Batu Barat, Zulfan Efendi berharap, dengan sosialisasi ini nantinya para RT dan RW serta Kepala Dusun serta Warga lainnya dapat ikut serta menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan sebagai jaminan sosial.

“Kalau bisa kita target, 70 %, agar kita dapat masuk dalam kategori Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” harapnya.

Selanjutnya, Sekcam, Darsono, SE juga menyampaikan bahwa BPJS Ketenagakerjaan ini sangat banyak manfaatnya, terutama dalam jaminan kecelakaan dan jaminan hari tua.

“Anggap kita menabung untuk hari tua kita, ini baik untuk menjamin kelangsungan hidup kita di hari tua nantinya,”ungkapnya.

Sebelum pemaparan, Pihak BPJS Ketenagakerjaan dan Datuk Penghulu Bagan Batu Barat melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman/Momorandum of Understanding (MoU) BPJS Ketenagakerjaan dengan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagan Batu Barat.

Adrian Pribadi, dalam pemaparannya menyampaikan bahwa, manfaat BPJS Ketenagakerjaan ini tidak hanya kepada Pekerja pada Perusahaan yang berbadan hukum.

“Selagi kita Pekerja, apapun pekerjaan itu berarti kita Pekerja, dan kita berhak menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” urainya.

Sistem ini, katanya, tidak hanya pada jaminan hari tua yang dapat di klaim, namun untuk jaminan pengobatan akibat kecelakaan kerja juga dapat ditanggung.

“Kita tidak tau, bisa saja saat pak RT melakukan pekerjaannya terjadi kecelakaan kerja, itu bisa ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Adrian mencontohkan, ada salah satu Pekerja buruh di Bagan Sapta Permai kakinya kena cangkul saat bekerja, dan semua pengobatan ditanggung BPJS Ketenagakerjaan.

“Sampai sembuh kita tanggung,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Adrian juga menyampaikan bahwa iuran BPJS Ketenagakerjaan ini berfariasi, mulai dari terendah Rp 36.500, dan besaran iuran ini tergantung dari penghasilan perbulan dari Peserta yang didaftarkan saat mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan.

“Setelah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka Peserta akan terlindungi dalam program-program Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Kecelakaan Kerja,” ungkapnya. (Sela)

About rokan times

Check Also

Kampanye Dialogis di Kepenghuluan Sekeladi, CAMAR disambut Ratusan Masyarakat Sekeladi

TANAH PUTIH-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra Andika, SH. dan Muhammad Rafik, ...