Selasa , Desember 1 2020
Home / Headline / Wabah Lalat Dari Kandang Ayam Resahkan Warga Bagan Sinembah Kota

Wabah Lalat Dari Kandang Ayam Resahkan Warga Bagan Sinembah Kota

Foto : Ratusan lalat tampak mengerumuni ruangan di rumah Warga di Bagan Sinembah Kota.

ROKANTIMES.co.id, BASIRA – Menjamurnya peternakan ayam dalam suatu wilayah kerap menimbulkan masalah yang berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar, terlebih lagi jikalau usaha ternak tersebut berada dekat dengan Pemukiman Warga hingga meresahkan.

Hal ini sebagaimana yang dialami oleh warga Bagan Sinembah Kota, Kecamatan Bagan Sinembah Raya ( Basira), Mereka meminta peternakan ayam potong yang ada di wilayah pemukiannnya agar bertanggung jawab atas mewabahnya lalat yang diakibatkan adanya peternakan tersebut karena semakin hari kian menyerang Pemukiman Warga.

Pantauan di lokasi, Selasa 26/06/2018 bahwa warga semakin resah dan merasa dirugikan dengan keberadaan peternakan yang mengakibatkan wabah lalat.

Dari informasi yang dihimpun, bahwa dalam waktu tiga tahun belakangan ini, peternakan ayam di Bagan Sinembah Kota tersebut mulai menjamur, akibatnya Masyarakat yang ada di sekitar kandang peternakan tercemar wabah lalat hasil dari kotoran-kotoran yang ada di sekitar peternakan.

Menurut salah seorang Warga di kampung Mereka saja sudah ada 4 kandang yang lokasinya dekat dengan Pemukiman.

“Memang kondisi semacam ini sudah sering terjadi, dan untuk di Bagan Sinembah kota saja ada 4 lokasi yang aktif memelihara ayam potong dengan rutin setiap bulannya, yang tidak jauh dari pemukiman,” ujar Eko Salah satu warga Bagan Sinembah Kota.

Disampaikannya, keresahan Warga setempat tidak pernah digubris oleh Pemerintah setempat, dan bahkan hingga sekarang para Peternak masih dengan rutinnya menambah ayam-ayam yang akan diternakannya. Malahan ada beberapa Warga yang ingin membuka usaha yang sama, peternakan ayam potong.

“Silahkan buka usaha, tapi jangan Masyarakat banyak menjadi resah dan dirugikan akibat lalat maupun bau kotoran yang bisa menimbulkan penyakit,” kata Eko dengan nada kesal.

Warga setempat lainnya Awal mengatakan bahwa lalat-lalat tersebut mewabah ketika ternak ayam dipanen, dan Para Pemilik peternakanpun tidak menghiraukan meskipun hal tersebut kerap terjadi.

“Lalat-lalat itu muncul dari peternakan ayam potong milik salah seorang Warga, setiap ayam potong usai dipanen, ribuan lalat itu pasti menyerang pemukiman Warga tanpa ada antisipasi dari Warga apalagi dari Pemilik peternakan, Mereka seakan lepas tangan dengan apa yang menjadi masalah Warga dengan usaha yang mereka jalankan,”  kesal Awal.

Seluruh Masyarakat berharap Pemerintah Kelurahan Bagan Sinembah Kota mampu mengambil kebijakan dengan tidak mengesampingkan Masyarakat, apalagi dalam hal ini mayoritas Masyarakat yang justru dirugikan dengan mewabahnya lalat yang sudah masuk ke pemukiman Warga.

“Kita tidak mengusik usaha mereka, silahkan buka usaha, tetapi tolong wabah lalat ini tidak sampai meresahkan dan merugikan masyarakat setempat,” ujar Awal.(Sela)

About rokan times

Check Also

CAMAR Unggul Versi Polling Media Online Riau24Jam.com

CAMAR unggul dalam polling Riau24jam.com ROKAN HILIR-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra ...