Selasa , Desember 1 2020
Home / Headline / Sampah Tertimbun Tak Diangkut, Masyarakat Minta Hentikan Pengutipan Uang Retribusi Sampah

Sampah Tertimbun Tak Diangkut, Masyarakat Minta Hentikan Pengutipan Uang Retribusi Sampah

 

Bagan Batu (rokantimes.co.id) Dinas Lingkungan Hidup dinilai tak mampu mengatasi masalah sampah di Kota Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, pasalnya sampah sering menumpuk di depan pertokoan dan di sepanjang median jalan.

Di sisi lain Masyarakat setempat merasa keberatan dengan seringnya menumpuk sampah di depan pertokoan yang menyebabkan bau busuk yang menyengat.

Kendati Pemerintah Kecamatan terus melakukan sosialisasi kepada Masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan terlebih lagi di median jalan namun tidak dihiraukan.

Di pihak lain salah seorang pengusaha di sekitaran Jalan Jendral Sudirman, Bagan Batu merasa keberatan dengan adanya pengutipan sampah oleh Instansi terkait setiap bulan, “untuk apa dikutip uang sampah kalau sampahnya tidak diangkat” Katanya.

Senada dengan itu salah seorang Pemerhati Lingkungan Irwan menilai Pemerintah tidak sanggup mengendalikan pengelolaan sampah di kota yang berjulukkan Kota ‘Sawit’ tersebut, “kalau Pemerintah tidak sanggup mengelola sampah ini serahkan aja kepada Masyarakat” terangnya.

Ditambahkanya lagi bahwa kewenangan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pendapatan yang mengutip retribusi persampahan senilai Rp. 15.000,- perbulan, “Kita pertanyakan, apakah sudah ada Peraturan Daerah tentang retribusi persampahan atau tidak,” jelasnya.

Menurutnya dana yang dikutip dari Pengusaha Toko di sepanjang kota Bagan Batu dan Pasar Pajak Lama dan Pajak Baru ini diperkirakan cukup untuk membiayai pengangkutan sampah, tetapi beginilah kondisinya sangat memprihatinkan.

“Bisa kita bayangkan berapa besar dana yang diraup dari pemungutan retribusi ini setiap bulan, tetapi sampah masih tetap menumpuk,” tambahnya lagi. (redaksi)

About rokan times

Check Also

CAMAR Unggul Versi Polling Media Online Riau24Jam.com

CAMAR unggul dalam polling Riau24jam.com ROKAN HILIR-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra ...