Selasa , Desember 1 2020
Home / Headline / Polsek Simpang Kanan Gelar Deklarasi Anti Hoax Untuk Mendukung Pemberantasan Hoax Menjelang Tahun Politik

Polsek Simpang Kanan Gelar Deklarasi Anti Hoax Untuk Mendukung Pemberantasan Hoax Menjelang Tahun Politik

 

 

Foto : Bhabinkamtibmas, Personil Simpang Kanan, Toga, Tomas, Toda dan masyarakat Simpang Kanan lainnya saat menyatakan deklarasi anti hoax.

ROKANTIMES.co.id, Bagan Batu –Kepolisian sektor (Polsek) Simpang Kanan bersama puluhan Masyarakat menggelar serangkaian kegiatan deklarasi anti hoax dalam rangka menjaga keutuhan dan kerukunan Masyarakat khususnya di di Simpang Kanan yang sekaligus sebagai upaya untuk mendukung pemberantasan Hoax menjelang tahun-tahun politik.

Deklarasi anti hoax ini dilakukan di tiga lokasi yakni di Jl. M. Yazid Hamta, Kelurahan Simpang Kanan tepatnya di warung Pak Kumis, Kepenghuluan Bagan Nibung dan di Masjid Agung Al-Muhajirin, Simpang Kanan, Kecamatan Simpang Kanan pada hari Senin (18/03/2018).

“deklarasi anti hoax, ujaran kebencian (hate speech), dan isu sara (suku, agama, ras dan antargolongan, red) ini adalah upaya Polri dalam penegakan hukum terhadap pelaku hoax,” terang Kapolres Rohil AKBP. Sigit Adi Wuryanto melalui Kapolsek Simpang Kanan Ipda. Sodikin.

Komitmen bersama dalam memerangi berita hoax atau hate speech ini tengah digencarkan oleh berbagai pihak, khususnya Polri, oleh karenanya, Ia juga meminta kepada seluruh Masyarakat Simpang Kanan agar bijak dan cerdas dalam penggunaan medsos.

Keberadaan berita hoax dan hate speech dianggap dapat membahayakan persatuan bangsa. Selain menimbulkan efek gesekan antar individu, peredarannya juga dapat memicu instabilitas yang lebih besar karena bisa diarahkan pada hal yang berbau sara.

Dalam kegiatan deklarasi anti hoax ini dihadiri para Bhabinkamtibmas, Personil Polsek Simpang Kanan, Tokoh Agama Ustadz Muslim, H. Supardi, H. Slamet, H. Mardi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Masyarakat Simpang Kanan lainnya.

Adapun deklarasi anti hoax polsek Simpang Kanan bersama Masyarakat tersebut berisi himbauan kepada masyarakat yang isinya.

  1. Menghimbau kepada Masyarakat Simpang Kanan untuk lebih bijak saat menggunakan media sosial dan menolak sikap para pelaku penyebar berita Hoax lewat media sosial untuk kepentingan pribadi yg justru tidak sejalan dengan program pemerintah dalam membangun negri.
  2. Mengecam para pelaku penyebar berita hoax yang telah memecah belah antara sesama masyarakat dan golongan, yang merusak kepercayaan masyarakat dan membingungkan masyarakat dengan isu penyebarkan berita hoax di kalangan masyarakat dan media sosial.
  3. Mendukung upaya polri dalam melaksanakan kegiatan deklarasi anti hoax, isu dan sara serta mendukung upaya polri dalam penegakan hukum terhadap pelaku hoax.

Mewakili tokoh agama Simpang Kanan, H. Slamet menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung deklarasi anti hoax yang mana akhir-akhir ini marak terjadi baik secara langsung maupun melalui medsos,

Foto : Masyarakat Kecamatan Simpang Kanan yang mengdeklarasikan diri anti hoax.

“kami Warga Simpang Kanan mendukung upaya Polri dalam memberantas berita hoax, atau ujaran kebencian, yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” ucap serentak seluruh jamaah dalam deklarasi yang dipimpin tokoh agama H.Slamet. (SL)

About rokan times

Check Also

CAMAR Unggul Versi Polling Media Online Riau24Jam.com

CAMAR unggul dalam polling Riau24jam.com ROKAN HILIR-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra ...