Selasa , Desember 1 2020
Home / Headline / Polres Rohil Kerjasama Dengan Baznas Rohil Sosialisasikan Zakat Profesi Dan Santuni Anak Yatim

Polres Rohil Kerjasama Dengan Baznas Rohil Sosialisasikan Zakat Profesi Dan Santuni Anak Yatim

Foto : Kapolres Rokan Hilir AKBP. Sigit Adiwuryanto, SIK., MH beserta jajaranya ketika menyantuni Anak Yatim pada acara Sosialisasi Zakat Profesi bersama Baznas Kabupaten Rokan Hilir.

ROKANTIMES.co.id, Ujung Tanjung – Kapolres Kabupaten Rokan Hilir AKBP. Sigit Adiwuryanto, SIK., MH beserta jajaranya melakukan Sosialisasi Zakat Profesi serta menyantuni anak yatim bersama Baznas (Badan Zakat Nasional) Kab. Rohil, di Aula Polres Rohil, Jum’at 09/03/2018, Pukul 08.00 Wib.

Adapun total Zakat Profesi yang telah dikumpulkan oleh Kapolres Rohil dan jajaranya yaitu sebanyak, Rp. 60.000.000,- (enam puluh juta rupiah) di mana untuk santunan anak yatim dikeluarkan sebesar Rp. 30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah) dan Rp. 30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah diserahkan Kapolres ke Baznas Kab. Rohil.

Ketua Baznas Kab. Rohil Baharuddin, S. Pd saat dikonfirmasi awak media mengatakan, ini langkah awal majunya Baznas Kab. Rohil, untuk langkah awal kami bekerjasama dengan Kapolres Rohil AKBP. Sigit Adiwuryanto, SIK., MH beserta jajaranya dan sudah terkumpul sebanyak Rp. 60.000.000,” terangnya.

Ada tiga bagian Amil Zakat yaitu, yang Pertama Ketua, Sekreraris dan Bendahara, ketiga inilah yang mengumpulkan zakat dari Kapolres dan Kapolsek, setiap anggota polisi memiliki hak sebanyak 5% dari Amil Zakat, karna setiap bulanya ada yang berhak menerimanya, boleh dari lingkungan Polres maupun dilingkungan masyarakat di sekitarnya, atau sebagiannya diserahkan ke Baznas Kab. Rohil,” ucapnya.

Salah satu tim Baznas Kab. Rohil Jefrizal SH.I saat dikonfirmasi mengatakan bila ASN (Aparatur Sipil Negara) dan Honorer Pemerintah Kab. Rohil membayar Zakar Profesi maka bisa terkumpul sekitar 24 Milyar pertahun.

“Bila zakat profesi ini dikumpulkan dari semua ASN dan Honorer Pemerintah Kab. Rohil yang berjumlah hampir 25.000 orang, dan jika dikumpul perbulanya saja bisa diambil zakat profesinya setiap orang sebanyak Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah, red), berarti bisa terkumpul zakat profesinya sebanyak Rp. 2 milyar (dua milyar rupiah, red) perbulanya, dan jika dihitung untuk satu tahunnya bisa mencapai Rp. 24 milyar,” terangnya.

Dan terkait Pengumpulan Zakat Profesi ini menurut Jefrizal SH.I sudah ada instruksi Bupati dan telah dibentuk UPZ (Unit Pengumpul Zakat).

“Karena ini sudah ada instruksi dari Bupati Kab. Rohil, bahwa setiap ASN maupun Honorer yang terkena pajak wajib mengeluarkan zakat sebesar 2,5%, boleh dikeluarkan perbulanya, maupun dikeluarkan pertahunya, karena ini sudah ditetapkan kepada UPZ-UPZ yang telah dibentuk,” terangnya.

Adapun tamu yang hadir dalam acara Sosialisasi Zakat Profesi dan menyantuni anak yatim tersebut adalah Kapolres Rohil AKBP. Sigit Adiwuryanto, Wakapolres Rohil Dr. Wawan, SIK., MH, Para Kabag, Perwira, Kasat dan Para Kapolsek se Polres Rohil, Baznas Kabupaten Rohil Baharuddin S.Pd, Jefrizal. SH. I, Anak Yatim di wilayah Kecamatan Tanah Putih dan undangan lainnya. (Iws)

About rokan times

Check Also

CAMAR Unggul Versi Polling Media Online Riau24Jam.com

CAMAR unggul dalam polling Riau24jam.com ROKAN HILIR-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra ...