Senin , November 30 2020
Home / Headline / Pada Rakercab II Partai HANURA Kab. Rohil, Cutra Andika Konsep Tradisi Baru Perpolitikan Rohil

Pada Rakercab II Partai HANURA Kab. Rohil, Cutra Andika Konsep Tradisi Baru Perpolitikan Rohil

Foto : Ketua DPC Partai HANURA Rokan Hilir memberikan cendera mata kepada Bupati Rokan Hilir.

ROKAMTIMES.co.id, Bagan Siapiapi – Bangkit, HANURA… Jaya, HANURA… Menang, HANURA. Tiga Belas, HANURA… Teriakan suara para kader Partai Hanura di Aula Hotel Armarosa Bagan Siapiapi terdengar bergaung. Ternyata didalamnya para pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Rokan Hilir sedang melaksanakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) II. Tidak tanggung-tanggung, acara partai yang dipimpin Cutra Andika SH ini dihadiri Ketua Pembinaan Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura Wiljoni, S. Sos.

Padahal sebelumnya sudah dilaksanakan Rakercab I pada tanggal 15-16 April 2017 di Hotel Bintang Mulia Bagan Batu, namun seolah misi belum selesai sehingga Cutra Andika, SH kembali berkonsolidasi bersama para kader Hanura dengan melaksanakan Rakercab pada hari Selasa, tanggal 20 Maret 2018 di Hotel Armarosa Bagansiapiapi.

Acara ini dimulai sekira pukul 11.00 WIB dan dimulai dengan penyambutan kepada Bupati Rokan Hilir Drs. H. Jamiludin, kepada Ketua DPD Hanura Riau dr. H. Agus Widayat MM dan kepada Ketua Pembinaan Wilayah Riau dan Kepulauan Riau DPP Partai Hanura Wiljoni, S. Sos dengan cara memasangkan kalungan bunga.

Di dalam Aula Hotel acara dilanjutkan dengan tari persembahan, doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne Rokan Hilir serta menyanyikan Mars Hanura, laporan Ketua Panitia, sambutan dari Ketua DPC Hanura Rokan Hilir, sambutan Ketua DPD Hanura Riau, sambutan DPP Partai Hanura dan sambutan dari Bupati Rokan Hilir.

Dalam sambutannya Cutra Andika, SH menyatakan bahwa Rakercab II ini disebut sebagai Rapat Kerja Pemenangan Pemilu Legislatif Tahun 2019 dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 juni 2018, di mana DPP Partai Hanura sudah memutuskan untuk mengusung dan mendukung pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Riau yaitu Bapak Ir. H. Arsyadjuliandi Rachman, MBA dan Bapak H. Suyatno, AMP dengan Nomor urut 4.

Dalam Rakercab ini menurut Cutra Andika akan dilakukan pembekalan untuk para kader sebanyak 2 sesi.

Pada sesi pertama pembekalan terhadap para Caleg dan kader partai Hanura oleh DPP Partai Hanura dan DPD Partai Hanura Provinsi Riau tentang Strategi Pemenangan Pemilukada Gubernur/Wakil Gubernur tahun 2018 dan Pemenangan Pemilu Legislatif Tahun 2019.

Pada sesi kedua akan mengundang Komisioner KPU Rokan Hilir untuk mendiskusikan mengenai kepemiluan tentang syarat administrasi calon legislatif, dan metode konversi suara pada pemilu.

Selanjutnya dengan Komisioner Panwas Rokan Hilir untuk mendiskusikan mengenai apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh partai politik maupun para caleg, bagaimana alur penyelesaian sengketa dan proses sengketa pemilu, bagaimana proses pelaporan dan penyidikan tindak pidana pemilu, serta bagaimana peran partai politik dalam melakukan pengawasan pemilu secara pastirisipatif yang akan dilakukan oleh internal partai politik.

Pada malam harinya akan membahas tentang agenda kerja pemenangan pemilu di tahun 2019. Dan nanti ada poin penting baru yang akan disepakati yang mana akan membangun tradisi baru dalam dunia perpolitikan khususnya di Rokan Hilir terkhusus lagi di Partai Hanura bahwa Partai politik bukan hanya alat untuk menghantarkan seseorang kepada saluran kekuasaan, setelah sampai pada kekuasaan dia lupa pada partai politiknya, dia lupa kepada kawan-kawan caleg yang sama-sama berjuang dengannya bahkan dia lupa dengan konstituennya, ini akan kita tertibkan dalam sebuah mekanisme dan konsensus yang akan kita sepakati dalam forum Rakercab sehingga memiliki kekuatan hukum mengikat.

Hal tersebut menurut Cutra merupakan tradisi politik baru yang akan dibangun dengan harapan supaya kedepan legislator-legislator Partai Hanura khususnya di Rokan Hilir tetap memperhatikan partai politik yang mengusungnya, patuh pada perintah partai, dan tidak melupakan kawan-kawan caleg yang sama-sama berjuang apalagi masyarakat di dapilnya masing-masing.

Cutra melanjutkan bahwasannya sekira setahun yang lalu tepatnya pada tanggal 17 April 2017 kita telah melaksanakan Rakercab I di hotel Bintang Mulia Bagan Batu, yang mana dalam Rakercab pertama kita telah mencanangkan bahwa tahun 2017 adalah tahun kebangkitan partai Hanura di Kabupaten Rokan Hilir, tahun 2018 adalah tahun kejayaan, dan tahun 2019 adalah tahun kemenangan Partai Hanura di Kab. Rohil.

Foto : Para Peserta Rakercab II DPC Partai Hanura Kab. Rokan Hilir

Alhamdulillah struktur organisasi Partai Hanura di Kabupaten Rokan Hilir selama setahun setengah ini, kita sudah memiliki 18 PAC di 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir yang sudah memiliki kantor yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Domisili dari Penghulu/Lurah atau Camat, 185 Pimpinan Ranting yang tersebar di seluruh Kepenghuluan dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir, 154 Pimpinan Anak Ranting yang tersebar di Dusun-dusun yang ada di Kabupaten Rokan Hilir dan erhadap PAC, Ranting dan Anak Ranting tersebut sudah dikukuhkan sekira setahun yang lalu yang juga dihadiri Ketua DPD Hanura Riau dan Ketua DPP Partai Hanura.”

“Kita juga” lanjut Cutra “sudah membentuk alat-alat kelengkapan Partai Hanura, yang pertama kita sudah nmembentuk Lembaga Bantuan Hukum Partai Hanura yang dipimpin oleh Bung Kalna Surya Siregar, SH, beliau adalah seorang Advokat, dalam Pemilu tahun 2019 beliau bersama timnya sudah berjanji kepada saya bahwa beliau tidak akan maju sebagai calon legislatif, mereka akan senantiasa konsisten mengawal, mengadvokasi para kader dan para caleg partai Hanura dalam proses pra dan pasca pemilu tahun 2019. Yang kedua, kita sudah membentuk Badan Penelitian dan Pegembangan (Balitbang) Partai Hanura Rokan Hilir yang diketuai oleh Bapak Syahril, S. Sos, beliau mantan Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Rokan Hilir, Insya Allah beliau maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Riau, dan juga sudah membentuk Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Partai Hanura Rokan Hilir yang dipimpin oleh kanda Ir. H. Amiruddin, MM, beliau mantan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir, beliau juga Ketua Muhammadiyah Kabupaten Rokan Hilir, beliau juga Ketua KAHMI Kabupaten Rokan Hilir, Insya Allah beliau maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Riau.”

“Dan selanjunya lagi” sambung Cutra “Kita sudah membentuk Divisi Komunikasi Publik Partai Hanura Rokan Hilir yang dipimpin oleh kanda H. Azhar Achmad, SE., M. Si, beliau mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Insya Allah beliau maju sebagai Caleg DPRD Kabupaten Rokan Hilir dari dapil Bagan Siapiapi Kecamatan Bangko, Sinaboi dan Pekaitan. Dan terakhir kita juga sudah membentuk Barisan Garda Depan atau Brigade Partai Hanura Rokan Hilir yang dikomandoi oleh Jonnedi, beliau adalah Caleg DPRD Kabupaten Rokan Hilir dapil Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih dan Kecamatan Rantau Kopar.”

Dan Cutra Andika juga menjelaskan bahwa dibentuknya struktur-struktur alat kelengkapan partai tersebut adalah amanah AD/ART Partai Hanura dan seluruh struktur itu akan digerakkan dalam rangka mencapai tujuan Partai Hanura Kabupaten Rokan Hilir menuju kebangkitan, kejayaan dan kemenangan Partai Hanura Kab. Rokan Hilir.

Pada kesempatan itu Cutra juga sebuah kutipan dari Martin Luther King untuk memotivasi Para kadernya.

“Dalam satu kesempatan Martin Luther King pernah berkata ‘Apabila seseorang telah terpanggil untuk menjadi tukang sapu jalan, maka hendaklah ia menyapu jalan, sebagaimana Michael Angelo melukis, sebagaimana Bethopen menciptakan musik dan sebagaimana Sakhespeare menggubah puisi, hendaklah ia menyapu jalan dengan baik sehingga segenap isi surga dan bumi serentak menghentikan kegiatan mereka dan berkata di sini tinggal seorang penyapu jalan yang agung yang telah menjalankan tugasnya dengan sangat baik.’ Artinya, bahwa kader Partai Hanura di DPC, PAC, Ranting dan Anak Ranting semuanya sudah memiliki peran di Partai Hanura, mari kita jalankan tugas pokok dan fungsi yang kita miliki, jangan pernah berkecil hati.” terang Cutra.

“Sepanjang pekerjaan ini kita lakukan dengan tulus dan ikhlas sesuai hati nurani kita, maka Insya Allah apa yang kita cita-citakan pasti akan terwujud. Kalau tidak hari ini kita peroleh setidaknya sejarah akan mencatat bahwa kita adalah penyapu-penyapu jalan yang agung, bahwa kebesaran Partai Hanura di Kabupaten Rokan Hilir adalah berkat kerja sama dan perjuangan kita semuanya, setidaknya ini akan menjadi jalan bagi generasi kita kedepan.”

Kepada para kader kader Partai Hanura sekalian tetaplah bersemangat menjalan tugas dengan baik berbasis hati nurani, bahwa siapa saja yang memuliakan bendera dan panji-panji Partai Hanura, memuliakan simbol-simbol Partai Hanura, merawat Partai Hanura, menjaga nama baik Partai Hanura, menjalankan tugas-tugas Partai Hanura dengan tulus dan ikhlas, suatu saat nanti Partai Hanura akan memuliakan dia di mata masyarakat umum, karena partai politik adalah satu-satunya saluran untuk sampai pada kekuasaan di legislatif, partai politik adalah salah satu alternatif untuk sampai pada puncak kekuasaan di tingkat eksekutif. Bukankah Allah SWT telah berfirman “Sesungguhnya setiap manusia itu tidak akan mendapatkan apa pun kecuali atas apa yang diusahakannya, dan sesungguhnya hasil dari usahanya itu akan ditunjukkan Allah di suatu saat nanti”. Tetaplah berjuang, optimis, Yakin Usaha Sampai.

Hadir dalam acara ini, Ketua Pembinaan Wilayah Riau dan Kepulauan Riau DPP Partai Hanura Wiljoni, S. Sos, Ketua DPD Partai Hanura Riau dr. H. Agus Widayat, MM beserta istri, Ketua Bidang Organiasi DPD Hanura Riau Efrizal, S. Pi, Wakil Ketua DPD Hanura Riau Hendri Neldi, S. Sos dan Hasianta Manalu, Plt. Bupati Rokan Hilir Drs. H. Jamiludin, Anggota DPRD dari Partai Hanura yaitu Yohanis, H. Bakhtiar, SH, dan Joto Bangun, Pengurus DPD Golkar Rokan Hilir Hariandi Bustam, SH, Ketua DPC Partai Gerindra Rokan Hilir Juprizal, S. Sos, Sekretaris PKB Rokan Hilir H. Amran, S. ThI, Ketua DPD Partai Nasdem Rokan Hilir Basiran Nur Efendi, SE dan Ketua Bapilu Nasdem Saiman, AMP, Kepala Bakesbangpol H. Zulkarnain, Kasat Intelkam Polres Rokan Hilir P. Banjarnahor, Ketua PGRI Rokan Hilir Zulfikar, SE., MM, Ketua Persatuan Anak Transmigran Indonesia M. Nizar, SE., MM, Bupati LIRA Rusli, Ketua PEKAT IB Rokan Hilir Arwinsyah, Pengurus ICMI Fauzi Gunawan, SE, Sekretaris Eksekutif Apdesi M. Syah Padri, ST, Pengurus Pemuda Panca Marga, dan Kader-kader dari IPK Rokan Hilir yang dihadiri oleh Wakil Ketua Yasrizal Palo bersama Ketua PAC Sinaboi Topik Rohini dan Ketua PAC Pekaitan Yogi Pranata, Sekretaris Dewan Penasihat Hanura Rokan Hilir Sahabul Huda alias Arjuna PS, Ketua Dewan Pakar DPC Hanura Rokan Hilir H. Khairul Fahmi SPd, Wakil Ketua Dewan Pakar DPC Hanura Rokan Hilir Saspriadi dan Mangiring Parulian Sinaga SSos SH, Pengurus DPC Hanura Rokan Hilir, serta dihadiri 18 Ketua PAC Hanura Se-Kabupaten Rokan Hilir dan perwakilan Ranting 1 ranting setiap PAC.

Dari pantauan Rokantimes.co.id Acara Rakercab II DPC Partai Hanura Kabupaten Rokan Hilir ini berakhir pada pukul 02.30 WIB tanggal 21 Maret 2018. (***red)

About rokan times

Check Also

CAMAR Unggul Versi Polling Media Online Riau24Jam.com

CAMAR unggul dalam polling Riau24jam.com ROKAN HILIR-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra ...