Sabtu , Desember 5 2020
Home / Headline / Sempat Terbengkalai Karena Miskomunikasi, Semenisasi di Kep. Pasir Putih Barat Akhirnya Dikerjakan Kembali

Sempat Terbengkalai Karena Miskomunikasi, Semenisasi di Kep. Pasir Putih Barat Akhirnya Dikerjakan Kembali

Foto : Galian Drainase yang terbengkalai beberapa waktu sebelum dilanjutkan pengerjaannya

ROKANTIMES.co.id, Balai Jaya – Tertundanya kegiatan  Drainase yang menggunakan Dana Desa tahun 2017 di gang Hallo Dusun Sei Dahanan, Kepenghuluan Pasir Putih Barat, Kecamatan Balai Jaya, Rokan Hilir ini, diduga terjadi Miskomunikasi .

Sebelumnya, pantauan wartawan pada Rabu (07/02/2018) siang, penggalian parit untuk drainase tampak sudah rampung dikerjakan. Bahkan, material kerikil dan pasir sudah berada dilokasi. Ironisnya, sebagian besar, material pasir menumpuk di dalam parit tersebut.

Tak jauh dari plank kegiatan, di sebuah rumah kosong, tampak besi angker yang sudah rampung diikat dengan leter U. Namun kegiatan drainase tersebut belum juga dikerjakan meski sudah rampung digali. Akibatnya, tanah galian yang menumpuk di jalan, tampak menjadi becek dengan adanya curah hujan beberapa waktu ini.

Ketua TPK, Suheri yang juga merupakan kepala Dusun Sei Dahanan ketika dikonfirmasi awak media mengatakan bahwa terkendalanya kegiatan drainase sepanjang 400an meter tersebut lantaran belum adanya material semen dan peralatan molen. Dan dari keterangannya, sejak dua pekan yang lalu, ia sudah melaporkan kepada pihak Desa bahwa material semen sudah bisa diorder agar kegiatan bisa berjalan.

“Dan setelah penggalian sudah 95 persen, sudah saya SMS kepada Sekdes, namun hanya dijawab Oke saja,” jelasnya.

Dijelaskannya lagi, seharusnya sebelum rampung dilakukan penggalian, kerjaan pengecoran sudah bisa dikerjakan. “Tapi pihak desa, tunggu selesai dulu baru dikerjakan, gitu katanya. Ya bagaimana kita mau kerja, materialnya belum ada. Saat ini saya terpaksa cari kerjaan lain di Desa Suka Maju,” terang Suheri.

Ditambahkan Suheri, biasanya pihak Desa memberikan dana untuk belanja kepada TPK. Di mana untuk belanja material, tidak harus menunggu pihak desa untuk pembayaran. “Kalau sekarang ini, datang bahan (material) baru dibayarkan ke Desa. Ya sampai saat ini, belum juga datang bahan, bagaimana mau kerja,” tandasnya.

Sementara itu, Pjs Datuk Penghulu, Samsuhir S. Pd yang juga merupakan Camat Balai Jaya yang dikonfirmasi melalui Sekretaris Desa, Kurniadi Putra menjelaskan bahwa terkendalanya kegiatan tersebut, dikarenakan terjadinya miss komunikasi dengan TPK. “Seharusnya, pihak TPK juga mengabari ke kami (Desa),” katanya saat dikonfirmasi di kediamannya.

Namun demikian, kata Kurniadi, ketua TPK sudah bertemu dan dalam waktu dekat sudah dikerjakan. “Sudah, dan uangnya juga nanti kami serahkan kepada TPK, yang menjadi kendala sebenarnya, saat ini kami tidak ada Kaur Pembangunan, biasanya kan Kaur Pembangunan berkoordinasi dengan TPK yang ada,” jelasnya yang dikonfirmasi di kantor Kepenghuluan.

Sementara itu, Pjs Datuk Penghulu Pasir Putih Barat, Samsuhir Spd yang dikonfirmasi pada Jumat (09/02/2018) kemarin di Kantor Camat Balai Jaya terkait adanya isu terbengkalainya pengerjaan semenisasi di Pasir Putih Barat tersebut diakibakan adanya dana yang dikorupsi, Beliau tidak membenarkan hal tersebut.

“Tidak benar itu, nanti saya klarifikasi dulu ke sana (Kepenghuluan Pasir Putih Barat, red),” bantahnya.

Dan berdasarkan informasi yang baru-baru ini diterima, kegiatan drainase itu saat ini sudah berjalan. (tim/iws)

About rokan times

Check Also

CAMAR Akan Berikan Dana Insentif Bagi Nazir Masjid/Mushola, Pengurus Rumah Suluk, Pengurus Gereja, Pengurus Vihara dan Pengurus Rumah Ibadah Yang Ada di Rohil

RIMBA MELINTANG-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra Andika, SH. dan Muhammad Rafik, ...