Selasa , November 24 2020
Home / Headline / Sempat Ribut, Pedagang Di Pajak Lama Kembali Ditertibkan

Sempat Ribut, Pedagang Di Pajak Lama Kembali Ditertibkan

 

Foto : Camat Bagan Sinembah saat memimpin penertiban Pedagang di trotoar dan bahu jalan Pajak Lama, Bagan Batu

ROKANTIMES.co.id, Bagan Batu – Untuk kesekian kalinya, Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Bagan Sinembah kembali menertibkan pedagang yang mangkal di depan Pajak Lama, Bagan Batu Kota. Jumat (23/02/2018) pagi.

Pantauan di lokasi, sekira pukul 09.30 Wib, Camat Bagan Sinembah Ibu Sakinah, S. STP., M. Si turun ke lokasi yang didampingi Kapolsek Bagan Sinembah Kompol. Eka Ariandy Putra, SH., SIK dan Danramil 03/Bgs Kapten. Arh H. Sitorus.

Dagangan Pedagang yang berjualan di Trotoar dan jalanpun diangkut Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) bersama Tim gabungan yang terdiri TNI dari Makoramil 03/Bgs dan Polri dari Mapolsek Bagan Sinembah.

Penertiban inipun mendapat perlawanan dari pedagang sayur yang mengontrak Ruko (Rumah Toko) dan mereka meminta para toke besar yang setiap jam 3 pagi mengecer dagangannya untuk ditertibkan juga.

“Tertibkan dulu itu toke besar yang ngecer pagi-pagi, jadi tak laku jualan kami, makanya kami majukan jualan kami,” ujar salah satu pedagang tersebut.

Pedagang lainnya, ibu Dahniar juga sempat menyalahkan pemberitaan di media, karena menurutnya hal tersebut tidaklah sesuai, sebab menurutnya permasalahan paling utama adalah toke besar sayuran yang membuka lapak di badan jalan dan inilah yang seharusnya ditertibkan.

Selain merusak harga eceran, katanya, dengan dibukanya lapak di badan jalan pada jam 03.00 Wib hingga jam 05.00 Wib pagi, membuat para pembeli enggan berbelanja masuk ke dalam Pajak Lama.

Namun, untuk pedagang yang memakai trotoar dan bahu jalan mereka juga minta untuk ditertibkan. “Ya, yang jualan di bahu jalan dan trotoar, kami minta ditertibkan juga, tapi lebih utama, toke besar itu bang, mereka jual ecer juga, jadi dagangan kami tidak laku,” katanya.

Pantauan di lokasi, para pedagang yang akan ditertibkan sempat adu mulut dengan pedagang yang berjualan di dalam Pajak Lama. Pasalnya menurut mereka, akibat keluhan para pedagang pajak lama yang sempat dimuat di media cetak lokal itulah makanya terjadinya penggusuran itu. Hingga akhirnya, Camat meminta agar dagangan yang di luar untuk dimundurkan masuk ke dalam toko.

Di sudut lain, di depan sebuah toko sembako Sima Jaya dan Tunas Rezeki para pedagang kaki lima pun tampak ditertibkan. Bahkan, Sakinah sempat memanggil pemilik Toko karena diizinkan para pedagang membuka lapak di depan tokonya.

“Besok, jangan saya lihat lagi ini jualan di sini, toko bapak ini kan izinnya gak jualan tempe, tahu dan lainnya seperti ini. Nanti kami cabut izinnya ini kalau masih terus begini,” tegas Camat.

Selain tindak lanjut aduan para pedagang yang berada di los dalam pajak, penertiban itu juga sudah menjadi komitmen Pemerintah Kecamatan Bagan Sinembah dalam menertibkan kota Bagan Batu. Dan penertiban ini sudah sering dilakukan khususnya di pajak lama.

“Ini sudah menjadi komitmen kita untuk menjadikan kota Bagan Batu menjadi indah dan tertib,” ungkap Camat Bagan Sinembah disela-sela memimpin penertiban tersebut.

Ditegaskan Camat, Penertiban pedagang di pajak lama Bagan Batu menjadi prioritas, sebab yang selalu menjadi keluhan dan kesemerawutan serta kemacetan di Bagan Sinembah ini adalah pajak lama.

“Kita tindak tegas pedagang yang membandel, jangan gara-gara dua atau tiga orang pedagang yang berjualan di atas lahan parkir, semua warga khususnya pengguna jalan dirugikan,” ungkap Sakinah yang dikenal pemimpin tegas ini.

Dalam kesempatan itu, Sakinah juga menegaskan kepada petugas parkir agar dapat memarkirkan kendaraan pada tempatnya atau lahan parkir yang ada.

“Jangan sampai terulang kembali lahan parkir digunakan untuk berjualan pedagang, petugas parkir harus tegas, kalau tak sanggup akan kami ganti nanti,” tegas Camat menyampaikan kepada petugas parkir.

Penertiban ini juga sempat bersitegang antara pedagang dan satpol PP serta Upika Bagan Sinembah ketika barang dagangannya diangkut ke mobil Satpol PP dan mobil operasional Kecamatan Bagan Sinembah, namun penertiban tetap berjalan aman dan lancar.

Dikesempatan itu, Sakinah juga menegaskan akan menindaklanjuti toke pemasok sayuran yang juga mengecer dagangannya di badan jalan pada pagi hari. (***)

About rokan times

Check Also

Jadi Calon Bupati Paling Muda, CAMAR Dapat Dukungan Penuh Kaum Milenial Rokan Hilir

ROKAN HILIR-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra Andika, SH. dan Muhammad Rafik, ...