Minggu , November 29 2020
Home / Headline / Bagan Manunggal Expo Gelar Potensi UMKM & Pertanian

Bagan Manunggal Expo Gelar Potensi UMKM & Pertanian

Foto : Sekcam H. Darsono saat memukul Gong yang didampingi Ibu PKK, Bhabinkamtibmas, dan para Tamu Undangan sebagai simbol dibukanya stand Expo Bagan Manunggal

ROKANTIMES.co.id, Bagan Batu – Guna menggali potensi UMKM (Usaha Kecil, Mikro dan Menengah) dan Pertanian yang ada di Masyarakat Kepenghuluan (Desa) Bagan Manunggal, Tim Penggerak PKK (Pembina Kesejahteraan Masyarakat) yang bekerjasama dengan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) dan Karang Taruna Kepenghuluan Bagan Manunggal menggelar Bagan Manunggal Expo, Kamis 15/02/2018 kemarin.

Bagan Manunggal Expo Gelar Potensi UMKM dan Pertanian

 

Sekcam Bagan Manunggal H. Darsono dan Tamu Undangan lainnya saat mencicipi dan memberikan nilai terhadap produk olahan makanan Peserta Bagan Manunggal Expo

 

Foto : Antusias warga yang begitu tinggi untuk mengikuti dan menghadiri acara Bagan Manunggal Expo 2018

 

Foto : Masyarakat Bagan Manunggal dan sekitarnya terlihat beramai-ramai berbelanja Produk UMKM pada acara Bagan Manunggal Expo

 

Foto : Group Nasid Anak-anak Kepenghuluan Bagan Manunggal saat ikut memeriahkan Bagan Manunggal Expo

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Pertemuan Bagan Manunggal tersebut diikuti sebanyak 33 UMKM. Adapun stand pameran tersebut meliputi pameran produk makanan/kuliner hasil UMKM, pameran hasil pertanian dan perikanan serta pameran produk daur ulang barang bekas.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan lomba kreasi makanan olahan yang berbahan dasar dari singkong yang diikuti seluruh kader PKK yang ada di Bagan Manunggal. Hal ini memiliki tujuan untuk mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan.

Ketua PKK Bagan Manunggal, Agus yang juga sekaligus Ketua Panitia Bagan Manunggal Expo mengatakan, Bagan Manunggal Expo ini sekaligus media promosi produk hasil kreatif ibu PKK dan Masyarakat Bagan Manunggal.

“Kegiatan Expo ini juga sebagai media pencerahan, pemberitahuan, pembelajaran sekaligus memberdayakan serta mengembangkan usaha ekonomi masyarakat khususnya di Bagan Manunggal,” Ungkap Agus.

Dijelaskan Agus, dengan digelarnya Bagan Manunggal expo 2018 yang dikelola PKK, LPM dan Karang  Taruna ini tidak sekedar membuat petak- petak namun memotivasi berbagai potensi yang ada di Bagan Manunggal untuk ditampilkan sehingga akan tergali hal hal baru yang nantinya akan  menjadi indentitas Bagan Manunggal.

“kita berharap kepada pemerintah, agar hasil kreatif UMKM Masyarakat Bagan Manunggal ini dapat diperhatikan dan dikembangkan serta dapat menjadi khas oleh-oleh Masyarakat Bagan Sinembah sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harap Agus.

Camat Bagan Sinembah Sakinah yang diwakili Sekretaris Camat H. Darsono dalam kesempatan itu menyampaikan dukungan penuh terhadap Kegiatan Bagan Manunggal Expo yang mayoritas hasil kreatif ibu PKK dan masyarakat Bagan Manunggal.

“kita minta setiap produk ini difoto, dikasih nama dan nomor hp yang nantinya dapat dilakukan seleksi untuk dapat dijadikan produk unggulan mewakili kepenghuluan  Bagan Manunggal,” Pinta Sekcam H. Darsono.

Sekcam mengaku, ternyata kreatif masyarakat sangat banyak yang tidak diketahui, oleh karenanya Ia selaku mewakili pemerintah Kecamatan menyampaikan terimakasih kepada Panitia yang telah melakukan upaya guna menggali potensi yang ada di tengah masyarakat.

“Dengan adanya Expo ini potensi yang ada di Bagan Manunggal dapat digali dan dikembangkan, Kita minta pemerintah Kepenghuluan dapat mengembangkan dengan melalui BUMdes (Badan Usaha Milik Desa) dan berkoordinasi terus guna meningkatkan kesehahteraan masyarakat,” ungkap Sekcam.

Ditambahkan Sekcam H. Darsono, momentum Expo ini untuk menggali identitas Bagan Manunggal, baik kuliner, hasil pertanian dan perikanan maupun produk lainnya

“Saya yakin, kalau ide-ide kreatif ini terus dikembangkan, nantinya akan menciptakan identitas asli Bagan Manunggal,” Tutup H.Darsono.

Dalam kesempatan ini antusias masyarakat Bagan Manunggal sangat tinggi, tampak hadir juga Kapus (Kepala Puskesmas Bagan Batu, dr. Josafat Silalahi, Bhabinkamtibmas Bagan Manunggal Bripka.Sujarwo, Para Penghulu, Ibu PKK dan kader serta warga masyarakat Bagan Manunggal. (SL)

About rokan times

Check Also

CAMAR Unggul Versi Polling Media Online Riau24Jam.com

CAMAR unggul dalam polling Riau24jam.com ROKAN HILIR-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut 1 Cutra ...