Sabtu , November 28 2020
Home / Headline / Babinsa Dan Bhabinkamtibnas Bagan Sinembah Timur Lakukan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Lahan Dan Hutan

Babinsa Dan Bhabinkamtibnas Bagan Sinembah Timur Lakukan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Lahan Dan Hutan

Foto : Babinsa Dan Bhabinkamtibnas Bagan Sinembah Timur saat memasang baleho Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Lahan Dan Hutan

ROKANTIMES.co.id, Bagan Batu – Untuk menghindari terjadinya Kebakaran Lahan dan Hutan, Babinsa dan Bhabinkamtibnas Bagan Sinembah Timur, Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) melakukan sosialisasi berupa pemasangan sepanduk di daerah wilayah rawan Kebakaran di Kepenghuluan (Desa) Bagan Sinembah Timur.

Mengingat beberapa bulan terakhir ini cuaca cukup ekstrim, sehingga di khawatirkan terjadinya kebakaran, untuk itu Babinsa dan Bhabinkamtibnas yang bertugas melakukan pencegahan dengan mengajak masyarakan agar pada masa musim panas ini tidak melakukan pembakaran lahan.

Dalam kesempatan itu Masyarakat Peduli Api (MPA) juga turut serta melakukan Patroli bersama di daera-daerah yang rawan akan terjadinya kebakaran lahan dan hutan, yang mana saat ini di gelar di Kepenghuluan Bagan Sinembah Timur, Kecamatan Bagan Sinembah Raya.

Babinsa Bagan Sinembah Timur Koramil 03 Bagan Sinembah, Pelda. G. Damanik dan Bhabinkamtibmas, Brigadir. Dedi Surbakti memberikan sosialisasi kepada Warga Masyarakat tentang bahaya melakukan pembakaran ketika membersihkan lahannya.

Pelda. G. Damanik menyampaikan, bahwa pembakaran lahan dapat merusak lingkungan dan kesehatan, selain itu apabila terjadinya kebakaran akibat ulah dari pelaku yang melakukan pembakaran lahan,  maka pelaku tersebut akan dikenakan sanksi tegas oleh hukum.

“Kita tak bosan-bosan mengingatkan Masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran saat membersihkan lahan di saat musim panas seperti ini, karena saat musim panas seperti ini api sangat mudah merambat,”ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, agar warga masyarakat tetap mengingat bahaya tentang pembakaran lahan, dirinya (Babinsa) dan Bhabinkamtibmas serta MPA juga memasang spanduk larangan membakar lahan.

“kita trus lakukan sosialisasi, dan kita pasangi spanduk larangan membakar lahan dan tujuan spanduk ini agar warga selalu ingat akan apa yang sudah kita sampaikan,” ujar Pelda. G. Damanik.

Damanik berharap, dengan di pasangnya spanduk di tempat-tempat rawan kebakaran, khususnya di Kecamatan Bagan Sinembah Raya ini, Masyarakat tidak lagi melakukan pembakaran lahan dan hal itu juga untuk kebaikan bersama.

“Dengan sosialisasi ini, sangat kita harapkan sekali, tidak ada lagi kebakaran lahan di wilayah kita, ini semua demi kebaikan kita bersama,”Harapnya.

Pada kesempatan itu, ia juga meminta kepada Masyarakat agar dapat bekerja sama dengan baik, saling menjaga, saling mengingatkan untuk tidak melakukan pembakaran lahan.

“Apabila ada titik api di wilayah masing-masing di Kecamatan Bagan Sinembah Raya ini khususnya, segera koordinasi atau melaporkannya kepada kami agar dilakukan tindakan pemadaman secepatnya untuk mengantisipasi merambatnya atau melebarnya api.” Pungkasnya. (Iws)

About rokan times

Check Also

Cutra Andika, SH. Yakin Masyarakat Bagan Sinembah, Bagan Sinembah Raya, Balai Jaya dan Simpang Kanan Bersatu Memenangkan CAMAR

Cutra Andik, SH bersama Masyarakat Bagan Sinembah ROKAN HILIR-Pasangan Calon Bupati Rokan Hilir Nomor Urut ...