Sabtu , November 28 2020
Home / RIAU / Rokan Hilir / Perkenalkan Anak Terhadap Lingkungan Sejak Dini, TK Aisiyah Kunjungi KRPL

Perkenalkan Anak Terhadap Lingkungan Sejak Dini, TK Aisiyah Kunjungi KRPL

Foto : Puluhan Anak-anak TK Aisyiah Bustanul Atfal Bagan Batu saat mengunjungi kebun KRPL tampak anak-anak penuh ceria dan gembira saat memetik sayuran. Sl

BAGAN BATU (rokantimes.co.id) – Salah satu cara Memberikan edukasi dan pengenalan  lingkungan sejak dini, Guru pembimbing mengajak puluhan anak-anak TK Aisyiah Bustanuf Atfal Bagan Batu melakukan kunjungan langsung ke salah satu Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) milik warga di Bukit Pembangunan, Kep. Bagan Batu, Rabu 17/1/2018.

“Kegiatan ke kebun (KRPL) ini sesuai materi pelajaran sendiri yakni tentang berkebun, makanya kita lakukan kunjungan ke kebun,” ungkap guru pembimbing Nurmaliza S. Pd kepada rokantimes.co.id.

Diungkapkan ibu giru yang akrab disapa Umi Liza ini, kunjungan ke salah satu kebun KRPL ini memang ditujukan agar anak-anak tau tentang seluk beluk lingkungan kebun secara sederhana, dan dalam kegiatan ini juga dipandu langsung oleh pemilik kebun KRPL.

“di lokasi ini, kami kenalkan pengertian secara langsung apa itu kebun dan apa saja yang ditanam di kebun, berbagai jenis tanaman juga kami perkenalkan satu persatu,” terang Umi Liza.

Menurut Umi Liza, pengenalan lingkungan sejak dini itu sangat penting guna menambah wawasan pengetahuan anak. Oleh karena itu, selain memberikan pelajaran materi, juga dilakukan pengenalan lingkungan secara langsung kepada anak- anak, “dengan mengenalkan lingkungan secara langsung, anak-anak akan dapat menambah wawasan pengetahuan,” ujarnya.

Lanjut Umi Liza, pengenalan ke Kebun KRPL ini juga agar anak anak tau bahwa sayur- sayuran yang mereka makan setiap hari itu adalah hasil jerih payah petani yang menanam dengan bermacam- macam  sayuran.

“Anak- anak terlihat gembira, beberapa anak terlihat serius mengamati berbagai jenis tanaman dan juga sambil bertanya,”ujar Umi Liza lagi.

Kegiatan ini, tambah Umi Liza, juga akan membangkitkan motivasi bagi anak anak untuk mencintai lingkungannya. Disamping itu, anak- anak juga diajarkan untuk menghargai karya petani yang sudah bersusah payah membudidayakan berbagai jenis tanaman untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari- hari,” anak- anak sangat gembira apalagi saat diajarkan langsung cara memetik sayuran,” beber Umi Liza mengakhiri.(SL)

About rokan times

Check Also

Ketua MPC Pemuda Pancasila Rohil, Taem Pratama Ikut Perhelatan Pilkada Rohil 2020

Rokantimes.co.id, Bagan Siapiapi – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tahun 2020 ...