Kamis , September 23 2021
Home / Headline / Pengurus LAM Kawasan Resmi Di Kukuhkan

Pengurus LAM Kawasan Resmi Di Kukuhkan

 

Ketua DPH LAM Rohil Rasyd Abizar saat menyerahkan bendera petaka Adat Melayu kepada Ketua DPH LAM Kawasan H. Syafrizal

ROKANTIMES.co.id, Bagan Batu – Pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kawasan Bagan Sinembah, Balai Jaya dan Bagan Sinembah Raya (Basira) Kabupaten Rokan Hilir resmi dikukuhkan oleh Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Rohil Marzuki dengan didampingi ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Rohil Rasyd Abizar, Rabu 24/01/2018.

Pengukuhan yang di laksanakan di Aula Bintang Mulia Hotel lantai 6 ini turut disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Rohil Drs. H. Djamiludin, Wakil Ketua DPRD Rohil Drs. H. Syarifudin, Camat Bagan Bagan Sinembah, Camat Basira, Camat Balai Jaya beserta UPIKA (Unsur Pimpinan Kecamatan) Bagan Sinembah, Tokoh Adat Melayu Bagan Sinembah, Tokoh masyarakat Bagan Batu dan Para Undangan lainnya.

Adapun pengurus LAM Kawasan yang dikukuhkan diantaranya :

  1. Syahbudin Odi sebagai Ketua umum MKA LAM Kawasan;
  2. Mukhlis S. Pd Sekretaris umum MKA LAM;
  3. H. Syafrizal sebagai Ketua umum DPH LAM Kawasan
  4. Sudirman Sekretaris umum;
  5. Amat Lasa sebagai Bendahara umum dan pengurus bidang lainnya.

Mengawali acara, Rasyd Abizar selaku ketua DPH LAM Rohil menyampaikan apresiasi penuh kepada seluruh panitia yang telah bekerja dan melaksanakan kegiatan pengukuhan dengan sangat ramai dan semangat

“kita sangat apresiasi kepada seluruh panitia atas semangat dan sukses melaksanakan acara ini,” ungkap Rasyd Abizar mengawali.

Kemudian lanjutnya, “saya menyampaikan agar seluruh Pengurus LAM Kawasan yang sudah dilantik ini, dapat menjalankan amanahnya dengan menginfantisir dan menggali nilai-nilai budaya melayu yakni dengan menjaga, melestarikan budaya dan mengembangkan khasanah-khasanah melayu yang sesuai syarak-syarak isi kitabullah, dan juga kepada pengurus LAM Kawasan ini, kita berharap dapat merumuskan atau membuat program kerja yang baik tentang kearifan lokal khususnya budaya melayu,” harap Rasyd.

Kemudian lanjut Ketua DPH LAM Riau itu lagi agar pengurus LAM kawasan tersebut yang telah diantik dapat bersinergi dan bekerjasma dengan semua unsur yang ada di kawasan.

“Saya juga berpesan agar kiranya Pengurus dapat bersenergiritas dengan Pemerintah, Ulama, Tokoh Masyarakat, dan Organisasi lainnya untuk menjaga ketentraman dalam kehidupan sehari-hari dengan saling menghargai dengan suku dan agama lainnya” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Rokan Hilir Drs. H. Jamiluddin dalam sambutannya mengatakan bahwa LAM-R ini sangat berperan penting dalam mempertahankan budaya melayu di Kab. Rokan Hilir.

“LAM-R ini sangat berperan penting dalam memperthankan budaya melayu di Bumi Negeri Seribu Kubah ini dan Ingat perseteruan Wakil Ketua DPRD Riau dengan salah satu anggotanya, perdamaian disepakati setelah LAM-R ini mempertemukan keduanya,” sebut Wabup mengisahkan.

“Artinya,” lanjutnya, “LAM-R ini sangat berperan penting, tidak hanya dalam hal mempertahankan dan mengembangkan budaya melayu, kesantunan dan keramah tamahahannya juga dapat menyejukkan suasana genting sekalipun, Pemerintah Daerah sangat mendukung penuh, kiranya ke depan seluruh Rokan Hilir ini tetap damai, sejuk dengan tetap menjaga budaya melayu yang kental dengan silaturahmi, ” ungkap Wabup.

Wabup juga mengatakan bahwa dengan berkembangnya LAM-R ini, maka impian Riau untuk mewujudkan Visi Misi 2020, yakni menjadikan riau sebagai pusat peradaban melayu dapat terwujud.

Sebelumnya, ketua DPH LAM-R Kawasan Bagan Sinembah, Balai Jaya dan Bagan Sinembah Raya, H. Syafizal, mengatakan bahwasanya kehadiran LAM mempertahankan budaya melayu dan tempat silaturrahmi para sesepuh suku melayu di Rokan Hilir khususnya di Kawasan ini. Ia juga menyebutkan bahwa Visinya maju dalam memimpin Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan ini ingin mewujudkan masyarakat yang bercahaya yaitu masyarakat yang beriman cerdas, handal dan berbudaya lewat pembinaan keagamaan, pendidikan, pemberdayaan masyarakat, serta pelestarian adat Budaya dikalangan generasi muda.

“Kami mohon dukungan dari segenap lapisan masyarakat khususnya pemerintah Kecamatan dan Kabupaten, mari kita bersinergi agar Visi Misi ini tidak sekedar mimpi semata dan bisa kita wujudkan bersama demi negeri Rokan Hilir yang kita cintai ini,” pungkas ketua DPH LAM-R Kawasan Bagan Sinembah, Balai Jaya dan Bagan Sinembah Raya yang akrab disapa Haji Syaf ini. (SL)

About rokan times

Check Also

Penerima Vaksin Tak Perlu Swab Lagi, Menkes Buka Opsi Vaksin Covid-19 Mandiri

JAKARTA, rokantimes.co.id Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah membuka opsi vaksinasi Covid-19 mandiri. Namun, ...